Sembilan Taman Kota yang Nyaman untuk Warga Bogor

0 658

Heibogor.com – Kota Bogor kini sudah memiliki banyak taman yang bisa dijadikan spot untuk tempat bersosialisasi. Bukan hanya memperindah jantung kota saat siang hari, tapi taman-taman yang ada disejumlah titik di kota bogor ini juga kerap dijadikan tempat nongkrong anak muda di malam hari.

Bogor yang memiliki resolusi untuk menjadi Kota Sejuta Taman, mampu mengwujudkannya dengan menjadikan Kota Bogor sebagai kota yang nyaman di tahun 2015. Berikut daftar beberapa taman yang dapat kamu kunjungi, untuk bersantai di tengah panasnya cuaca siang hari di Kota Bogor.

1. Taman Corat-Coret

Untuk mewadahi kreatifitas anak muda Bogor yang memiliki hobi melukis, terutama melukis didinding atau grafiti, kini Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor akan segera melaunching taman corat-coret, yang berada di Jalan Pandu Raya, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor dalam waktu dekat ini.

Taman Corat-Coret yang menelan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bogor sebesar Rp 440 juta ini, dibangun sebagai salah satu program prioritas Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, dalam mengakomodir keinginan kaum muda dalam berkarya, khususnya dalam bidang seni grafiti.

2. Taman Kencana

Taman Kencana, merupakan salah satu taman multifungsi yang berada di Kota Bogor. Taman yang menghabiskan dana revitalisasi sebesar Rp 2 miliar ini, memiliki luas taman 5.600 meter. Taman ini bukan hanya menyediakan nuasa hijau dan asri saja, ada beberapa fasilitas yang disediakan. Seperti fasilitas untuk penyandang cacat dan rencananya akan segera disediakan fasilitas wifi gratis.

3. Taman Heulang

Taman yang berada di Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor ini, sempat mengalami mangkrak beberapa kali, dikarenaka tak tersedia dana untuk proses pembangunan. Setelah mendapatkan bantuan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), melalui Direktur Jenderal (Dirjen) Keciptakaryaan yang berada dibawah Kementerian Pekerjaan Umum, akhirnya taman ini dapat dibangun dan ditargetkan selesai akhir tahun 2015.

Taman Heulang juga menjadi salah satu taman yang diperioritaskan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, sebagai taman multifungsi. Menurut kabar yang beredar, taman ini rencananya akan menghabiskan dana sebesar Rp 5 miliar.

Recananya taman ini ke depannya dapat juga digunakan sebagai lokasi edukasi bagi para pelajar. Di taman ini juga nantinya akan dibangun nursery dan bank sampah. Dengan konsep green waste and green energy, diharapkan dapat menjaga lingkungan dalam pengelolaan sampah.

4. Taman Ekspresi Sempur

Taman ketiga yang dijadikan Pemerintah Kota Bogor sebagai taman multifungsi, yakni Taman Ekspresi Sempur. Taman yang berlokasi di Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor ini, menjadi salah satu taman yang gemar didatangi baik oleh warga sekitar, maupun masyarakat Bogor. Dengan luas 250 meter, taman ini mampu menjadi tempat untuk mengekspresikan karya seni.

Tak heran, di sepanjang taman ini dijumpai banyak instalasi seni yang terbuat dari material bekas yang didaur ulang dan dimodifikasi. Banyaknya pepohonan serta tata landscape-nya yang apik dan bersih, membuat siapapun akan betah berlama-lama di taman ini. Selain itu Taman Ekspresi Sempur juga berada di kawasan paling strategis, karena letaknya yang berada di Jantung Kota dan akses menuju taman ini sangat mudah dijangkau.

5. Taman Peranginan

Sempat menjadi taman yang tak terurus, Taman Peranginan akhirnya mendapatkan perhatian dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor. Taman yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman yang berdekatan dengan Bogor Permai ini, berlokasi cukup strategis. Rindangnya pepohonan memberikan suasana makin nyaman, dan membuat masyarakat betah berlama-lama di taman ini.

Taman Peranginan sendiri diambil dari silsilah bahasa sunda, yang artinya tempat istirahat dengan hembusan angin. Selain dapat menikmati udara segar, serta hijaunya taman, para pengunjung pun dapat melihat deretan pemukiman penduduk yang terhampar luas di dataran rendah (bawah) dari lokasi Taman Peranginan berada.

6. Taman Topi

Taman topi merupakan taman tertua yang berada di Kota Bogor. Selain menyuguhkan nuasa hijau dan asri, Taman Topi juga menyediakan beberapa fasilitas yakni tersedianya 60 permainan anak-anak seperti helicopter, gajah terbang, komedi putar, kincir-kincir, flying fox, mobil antik, perahu air, monorail, kuda poni, boom-boom car, dan masih banyak lagi yang lainnya. Taman Topi juga dikenal sebagai Taman Ade Irma Suryani.

Rencananya Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, akan merubah Taman Topi menjadi pusat taman (Centrak Park). Pembangunan pusat taman ini, bertujuan untuk mengubah kawasan Taman Topi menjadi pusat taman, yang terintegrasi dengan Stasiun Bogor.

Selain terintegrasi dengan Stasiun Bogor, pada lahan seluas 2.3750 meter persegi ini juga akan ditunjang dengan fasilitas seperti pusat jajanan dan tempat parkir yang berada di lantai basement. Pembangunan pusat taman direncanakan bisa terlaksana pada 2016 mendatang dengan besaran anggaran yang dibutuhkan nilainya mencapai Rp 235 miliar.

7. Taman Air Mancur

Taman yang baru saja diresmikan pada Mei 2015 tersebut, menjadi salah satu taman yang banyak dikunjungi masyarakat Bogor, khususnya di akhir pekan. Taman yang sejak lama menjadi landmark kota Bogor ini memiliki fasilitas unggulan, yakni fasilitas air mancur yang dilengkapi dengan lampu warna-warni. Terdapat empat titik air mancur yang terpasang di area Taman Air Mancur.

Meski sempat mengalami kerusakan, akhirnya taman ini berhasil diperbaiki kembali. Taman yang berada di Jalan Sudirman, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor tersebut juga menjadi salah satu tempat untuk berselfie dan bermain air.

8. Taman Vertikal

Taman Vertikal, menjadi salah satu taman yang cukup menaruh perhatian masyarakat. Pasalnya taman yang berada di Jalan Pajajaran ini, dibangun untuk menyimbolkan Bogor sebagai Kota Sejuta Taman. Selain itu, taman ini juga diharapkan mampu menjadi tempat untuk masyarakat berinteraksi dan beraktivitas, yang nanti juga akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti kursi taman dan perbaikan lainnya. Dan pastinya mampu memanjakan pengunjungnya yang datang ke Taman Vertikal.

9. Taman Burung Hutan Kota

Taman yang diperuntukan untuk para pencinta burung ini, masih saja dalam proses pembangunan. Taman Burung Hutan yang berada di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Tanah Sareal harus tertunda kembali, karena hutan kota dibangun di area seluas sekitar 1,2 hektare menggunakan dana bantuan dari Provinsi Jawa Barat, untuk menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Pembangunan taman ini akan kembali mengalami penundaan di tahun 2015, tetapi penundaan tersebut hanya terfokus pada penambahan pohon dan pembersihan lahan yang disebabkan terbatasnya anggaran. Rencananya pada saat proses menanam tanaman di Taman Burung Hantu, pihak Dinas Pertamanan dan Kebersihan (DKP) Kota Bogor, akan melibatkan beberapa komunitas burung.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.