Cara Tepat Atur Pendapatan

0 596

Heibogor.com – Pernah mengalami kondisi gaji habis pada pertengahan bulan? Beberapa orang sangat keteteran akibat gaji yang selalu saja habis sebelum tanggal tua. Akhirnya, jalan pintasnya adalah berhutang. Untuk menghindari hal tersebut, berikut tips sederhana yang bisa dilakukan.

1. Menabung di Awal Bulan
Agar keuangan bisa terkontrol, sisihkan berapapun uang yang didapatkan dari gaji. Terapkan menabung pada setiap awal bulan. Cara ini berfungsi untuk menghindarkan dari penundaan menabung.

2. List Prioritas Barang yang dibutuhkan
Terkadang sebagian orang kerap kali berbelanja barang yang sebenarnya tidak perlu untuk dibeli. Tak hanya itu, banyaknya harga diskon juga menjadi alasan untuk hal tersebut. Maka dari itu, mulailah membuat beberapa list prioritas barang yang sebenarnya dibutuhkan agar keuangan tetap terkendali.

3. Kurangi Makan di Luar
Agar hemat, kurangi makan di cafe atau restoran. Sesekali boleh saja, namun lebih baik membawa bekal atau makan di rumah. Selain lebih higienis dan menyehatkan hal ini juga ampuh untuk tak membuat kantong jebol.

4. Hindari Kartu Kredit
Adanya kartu kredit memang memudahkan bagi beberapa orang, terlebih lagi dengan banyaknya penawaran yang menggiurkan. Tapi jangan senang dulu, karena kartu kredit mempunyai efek samping yang dapat mengakibatkan kewalahan. Salah satunya dengan tagihan yang menumpuk. Sebaiknya, hindari kartu kredit agar keuangan tetap terkontrol dengan baik.

5. Jangan Ambil Sekaligus Uang di ATM
Setiap ke ATM, usahakan untuk mengambil uang sebutuhnya saja. Dan biasakan menetapkan jadwal kapan akan ke ATM lagi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pemborosan karena selalu merasa ada uang.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.