Geliat Atlet Berbuah Prestasi Bawa Harum Bogor

0 447

Heibogor.com – Prestasi di dunia olahraga memiliki gengsi tersendiri bagi suatu klub olahraga, baik tim daerah maupun tim negara. Untuk itu, sudah tak asing lagi jika kita mendengar dalam dunia olahraga, berbagai pihak berusaha memberikan yang terbaik bagiclub, daerah, maupun bangsanya dengan cara apapun.

Mulai dari cara sehat (sportif) sampai dengan cara kurang terpuji, seperti menyuap wasit, doping,maupun bentuk kecurangan lainnya. Prestasi olahraga yang diraih atlet – atlet Kota Bogor di sejumlah event olahraga mulai dari tingkat kota hingga nasional, bahkan internasional patut dibanggakan.

Belum lama ini, Kota Bogor kebanjiran raihan prestasi di dunia olahraga, seperti di Sea Games XXVIII tahun 2015 Singapura. Sedikitnya, ada 7 atlet asal Kota Hujan yang telah mengukir nama Kota Bogor khususnya, Indonesia pada umumnya di Sea Games XXVIII tahun 2015 Singapura.

Mereka antara lain Syarifudin dari cabang olahraga (cabor) dayung, Horas Manurung dari cabor Judo, Szalsa Maulida dari cabor judo, Ade Kharisma dari cabor tenis meja, Fitra Khaerunisa dari cabor softball, Maulana Haidir dari cabor taekwondo, dan Defia Rosmaniar dari cabor taekwondo.

Bukan hanya di Sea Games saja, atlet – atlet berprestasi Kota Bogor tersebut juga berhasil menjuarai event internasional lainnya, seperti Kejuaraan Internasional Taekwondo Korea Open 2015, kejuaraan Taekwondo Universiade Korea 2015, kejuaraan Asia Wushu Junior ke-VIII tahun 2015, dan kejuaraan Dunia Junior Panjat Tebing Tahun 2015 di Italia.

Untuk di tingkat nasional, menurut Ketua KONI Kota Bogor H. Basuki, atlet Kota Bogor patut diacungi jempol. Sejumlah pertandingan bergengsi di hampir tiap cabor, atlet Kota Bogor bisa meraih prestasi.

Di Kejuaraan Nasional Judo Kapolri Cup, atlet Deden Setiadi berhasil merebut juara 1 dan juara 3 di kategori beregu putra, sedangkan Szalsza Maulida meraih juara 2 untuk kategori kelas 78pi. Masih di cabor beladiri, 5 atlet asal Kota Bogor kompak masing-masing meraih emas dari cabor judo dalam Kejuaraan Nasional Judo Kartika Cup  VII junior-senior tahun 2015.

Ke-5 atlet tersebut yakni Ade Sujana, Teni Angraeni, Mia Maulidini, Siti Latifah, dan Nathasya Putri. ”Masih banyak raihan prestasi yang telah diukir atlet- atlet Kota Bogor, seperti dari cabor beladiri tarung derajat, menembak, taekwondo, aeromodeling, selam, dan kempo,” kata Basuki kepada saat ditemui di ruang kerjanya pekan kemarin.

Sementara itu, dari event olahraga PORDA Jabar XII tahun 2014 lalu, hampir seluruh cabor menonjolkan prestasinya. Antara lain dari cabor renang yang dikuasai oleh 2 perenang Kota Bogor yakni Andarining Putri dan Nissa Meida Aulia untuk 3 nomor pertandingan.

Dari cabor wushu ada 15 atlet Kota Bogor yang mengukir prestasi di event ini, dengan meraih 5 emas, 4 perak, dan 6 perunggu.

Selain itu, raihan prestasi juga lahir dari cabor karate, judo, panjat tebing, pencak silat, dayung, kempo, selam, panahan, tarung derajat, atletik, pabbsi, aeromodeling, menembak, biliar, tenis meja, soft ball, drumband, baseball, sepak takraw, dansa, taekwondo, tinju, hockey, dan tenis lapang.

”PORDA kemarin, kita mendapatkan 39 emas, 37 perak dan 56 perunggu. Jumlah tersebut cukup baik, karena ada peningkatan peringkat secara global. Tahun sebelumnya kita ada di peringkat ke 10, sekarang di peringkat 5. Ada peningkatan dan melebihi target kita. Target kita dapat emas 29 ternyata malah dapat 39 emas, ini luar biasa,” katanya.

Banyaknya prestasi di dunia internasional maupun nasional, sambung Basuki, harus mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah, baik pusat maupun daerah. Nah, apa yang akan dilakukan Kota Bogor untuk menambah jumlah atlet berprestasi atau minimal mempertahankannya?

Terkait dukungan anggaran dari Pemerintah Kota Bogor, menurut Basuki, sejauh ini pemerintah telah memberikan anggaran untuk berbagai kegiatan di setiap cabor, dan ia berharap anggaran tersebut bisa dimanfaatkan untuk terus megembangkan pembinaan di masing – masing cabor, sehingga ke depan  bisa meraih prestasi lebih baik lagi.

”Ke depan tentu harus lebih baik lagi. Tidak hanya cabor beladiri yang harus bisa mengukir prestasi, tapi semua cabor, mengingat biaya diberikan untuk semua cabor. Yang terpenting sekarang, adalah bagaimana caranya agar mereka (atlet berprestasi) tidak pindah daerah,” harapnya.

Prestasi dan Apresiasi

Dukungan Pemerintah Kota Bogor terhadap atlet berpretasi terlihat saatperingatan Haornas2015, Rabu (09/09/15) lalu di Lapangan Sempur. Pemerintah Kota Bogor memberikan penghargaan bagi para atlet Kota Bogor yang berprestasidi ajang internasional.

Atlet yang berprestasi di arena Sea Games XXVIII Singapura,seperti Syarifudin, peraih medali emas dayung, Horas Manurung, peraih medali emas judo, Szalsza Maulida, peraih perunggu judo, dan Maulana Haidir, peraih perak dan perunggu taekwondo.

Penghargaan juga diberikan kepada atlet yang bertarung di arena lain, seperti Defia Rosmaiar, atlet taekwondo peraih 2 emas pada Kejuaraan Internasional Taekwondo Korea Open Tahun 2015. Maulana Haidir, atlet taekwondoperaih perak dan perunggu Kejuaraan Internasional Taekwondo Universitas Korea Tahun 2015.

Altet lainnya, Zoura Nebulani, peraih emas dan Ruth Woski peraih Perunggu dalam Kejuaraan Asia Wushu Junior Ke-VIII Tahun 2015. Penghargaan juga diberikan kepada Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat sebagai insan olahraga berprestasi.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.