Deteksi Kesehatan Tubuh Lewat Warna Lidah

0 764

Heibogor.com – Banyak tanda yang diperlihatkan oleh tubuh jika badan Anda sedang dalam keadaan tidak sehat, misalnya badan terasa lemas, serta wajah yang tampak pucat.

Selain tampak dari wajah dan tubuh yang lemas, tanda badan tidak sehat juga bisa terdeteksi dari jari dan lidah. Berikut beberapa tanda pada lidah yang menandakan bahwa kondisi tubuh yang tidak sehat.

Lidah Putih

Terkadang tanpa sadar Anda melihat bagian tengah pada lidah Anda tampak putih, hal Ini bisa disebabkan dehidrasi, infeksi rongga mulut karena jamur atau bakteri dan timbulnya penyakit leukoplakia yang biasanya muncul pada perokok berat.

Mengatasinya cukup dengan minum banyak air putih dan jaga kebersihan rongga mulut dan lidah secara intensif bisa mengatasi hal ini.

Lidah Merah

Lidah merah dan bengkak diakibatkan karena panas tubuh yang tidak. Ini menandakan bahwa Anda sedang mengalami demam, demam berdarah, bisa juga karena kekurangan vitamin seperti vitamin B-12 dan vitamin B3 atau kekurangan mineral zat besi sehingga lidah berwarna kemerahan.

Lidah Ungu

Jika wara lidah Anda menunjukkan warna ungu, hal itu merupakan tanda bronkitis kronis, kadar kolesterol tinggi atau terlalu banyak makan makanan yang dingin. Anda bisa mengatasinya dengan makan bawang putih atau minum jahe hangat akan memperbaiki kondisi ini dan membuat lidah pink atau normal kembali.

Lidah Kuning

Lidah kekuningan merupakan tanda tidak bersihnya rongga mulut sehingga membuat bakteri dan jamur bersarang di permukaan lidah. Membersihkan gigi dan rongga mulut serta lidah dengan baik akan mengembalikan warna lidah Anda yang normal.

Lidah Cokelat

Jika Anda melihat ada bercak cokelat pada lidah Anda, itu bisa jadi menandakan stadium awal kanker kulit melanoma. Jika bercak cokelat tersebut semakin lama semakin menghitam, segera periksakan ke dokter.

Lidah Hitam

Warna lidah yang menghitam tentu mengerikan dan memang menandakan bahwa bagian rongga mulut Anda tidak bersih dan bisa jadi bakteri terjebak dan berkembang sepanjang permukaan lidah hingga membentuk bercak-bercak hitam di lidah.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.