Ini Dia Cara Ampuh Siasati Arus Balik Setelah Liburan

0 343

Heibogor.com – Libur panjang di akhir pekan dimanfaatkan oleh kebanyakan masyarakat untuk bepergian dan berlibur ke luar kota, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Selain itu, libur panjang juga kerap kali menimbulkan kemacetan serta kepadatan kendaraan baik pada saat berangkat maupun saat arus balik. Meningkatnya volume kendaraan di jalan raya pada saat libur panjang memang tidak dapat dihindari, tapi dengan manajemen perjalanan maka perjalanan saat berangkat maupun pulang akan terasa lebih mudah.

Seperti dilansir dari otomania, Marketing Director sekaligus instruktur dari Jakarta Defensive Driving Consultant (JDCC) Mira Keumala Safri mengatakan bahwa manajemen perjalanan sangat penting untuk diterapkan karena kondisi jalan saat liburan panjang sama saat ketika mudik Lebaran dan bahkan volume kendaraan bisa lebih banyak karena dinikmati oleh semua kalangan.

Manajemen perjalanan akan membuat pengendara kendaraan lebih disiplin baik dari waktu dan persiapan sehingga berguna mengurangi berbagai risiko di jalan baik saat berangkat atau pulang.

Mempersiapkan kendaraan baik saat berangkat atau akan pulang serta memastikan kondisi mobil prima, mulai dari mesin dan komponen penunjang lain, seperti roda, rem, pelumas, dan lain sebagainya merupakan salah satu cara penerapan manajemen perjalanan.

Sedangkan mengenai waktu, biasanya seseorang akan lebih lelah ketika menempuh perjalanan bailk karena tenaga yang sudah habis digunakan untuk berlibur. Oleh karena itu, penting bagi pengendara untuk menjaga konsentrasi dengan memilih waktu yang tepat untuk pulang, karena dapat meminimalkan dampak kelelahan saat terjebak kemacetan panjang.

Selain itu, manajemen waktu juga bermanfaat untuk menghemat tenaga saat pulang dengan mencari waktu yang terbaik untuk menempuh perjalanan pulang dengan mengumpulkan informasi mengenai kondisi jalan melalui aplikasi google maps  atau via jejaring sosial.

Hal penting yang harus diingat oleh pengendara adalah jangan memaksakan diri saat berkendara dan bila sudah merasa lelah usahakan untuk berhenti sejenak dan beristirahat. Karena, kebanyakan risiko kecelakaan terjadi akibat konsentrasi yang sudah tidak fokus akibat berkendara terlalu lama.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.