Ini Dia Cara Mudah Merawat Rantai Sepeda Motor

0 446

Heibogor.com – Rantai sepeda motor merupakan komponen mesin yang membutuhkan perhatian ekstra secara berkala. Rantai sepda motor kerap mengalami masalah dan mengendur karena penggunaan kendaraan secara terus menerus.

Seperti dilansir dari otomania, Senior Mekanik AHASS Bintang Motor Rustam mengungkapkan bahwa rantai sepeda motor adalah bagian paling rentan masalah jika jarang diperhatikan seperti rantai lepas dari gir atau rantai putus.

Pemeriksaan rantai sepeda motor sebaiknya dilakukan secara berkala, minimal sebulan sekali atau saat jarak berkendara sejauh 1.000 kilometer. Merawat rantai sepeda motor sebenarnya tidak sulit, pemilik hanya perlu menyetel ulang ketegangannya dengan mengendurkan as roda belakang dan memundurkan ke posisi semula.

Perawatan rantai juga dapat dilakukan apabila pemilik kendaraan mendengar suara rantai yang tidak normal atau berisik. Karena hal ini mengindikasikan posisi rantai tidak satu garis dengan posisi gir.

Selain proses mengembalikan tegangan rantai, pemilik kendaraan juga disarankan untuk selalu membersihkan rantai dari kotoran menggunakan cairan pembersih rantai yang dijual di pasaran serta jangan menggunakan oli bekas, karena hal ini akan memperparah kotoran yang menempel di rantai.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.