Ngumbah Tugu Kujang, Bima: Ini Simbol Pemersatu Kita

0 473

Heibogor.com – Tugu Kujang yang merupakan kebanggaan warga Bogor rutin setiap tahunnya dicuci atau yang biasa dikenal dengan ’ngumbah tugu kujang’. Momen kali ini, Minggu (24/05/15) sekaligus menjadi yang pertama bagi Wali Kota Bogor Bima Arya yang cukup antusias membersihkan dan memanjat langsung bangunan bersejarah tersebut.

Bima memanjat bangunan tugu kujang sekitar 8 meter hingga lambang Kota Bogor dengan menggunakan alat pengaman panjat tebing, dan sempat mencuri perhatian pengendara dan pejalan kaki yang lewat di seputaran tugu kujang.

Bima menjelaskan, kegiatan membersihkan tugu yang memiliki tinggi 25 meter, lebar 50 meter, yang terbuat dari perunggu tersebut, merupakan kegiatan rutin untuk menjaga kelestarian budaya dan tradisi.

”Penyucian tugu kujang ini merupakan simbol penghormatan kepada tugu kujang, dan juga sebagai pelestarian terhadap budaya dan tradisi yang ada,” ujar Bima kepada heibogor.com, Minggu (24/05/15).

Menurutnya, pembersihan tugu kujang harus menjadi momentum Kota Bogor bebas dari korupsi, dan salah satu cara dalam mempersatukan masyarakat Bogor.

”Dan ini merupakan simbol untuk terus bebersih di Bogor. Kota Bogor harus  bersih dari korupsi. Tugu kujang juga merupakan simbol pemersatu kita, antara pemerintah, warga, pengusaha, dan semua kalangan,” katanya.

Bima menambahkan, “ngumbah tugu kujang” merupakan salah satu rangkaian HJB ke – 533. ”Masih banyak acara meriah, dan puncaknya nanti pawai budaya. Semua masyarakat dari GOR sampai Balaikota,” pungkasnya.

Acara ’ngumbah tugu kujang’ tersebut juga diikuti oleh organisasi kemahasiswaan dan organisasi masyarakat, di antaranya Daya Mahasiswa Sunda (Damas), Forum Pencinta Alam Siswa SMA (Forpalas), dan Federasi Panjang Tebing Indonesia (FPTI), serta Lembaga Kebudayaan Sentra Daksa Indonesia total kegiatan ini melibatkan sedikitnya 150 orang secara bergantian.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.