Ini Dia Penyebab Pegal Ketika Bangun Tidur

0 677

Heibogor.com – Bagi kebanyakan orang bangun tidur seharusnya menjadi momen terbaik untuk mengembalikan energi dan menyegarkan tubuh dan pikiran. Namun tak sedikit orang yang mengalami kepala pusing, tenggorokan gatal, dan batuk setelah bangun dari tidur.

Selain karena kondisi iklim atau cuaca, hal tersebut tentunya disebabkan oleh berbagai faktor lain. Seperti dilansir dari liputan6, berikut beberapa hal yang menjadi penyebab kualitas tidur terganggu dan menyebabkan tubuh sakit.

Bantal

Perasaan seseorang akan kembali lega ketika membenamkan kepala ke bantal selepas aktivitas seharian. Namun sebenarnya bantal menyimpan cukup banyak bakteri, jamur, dan tungau jika tidak pernah dibersihkan atau dijemur. Ganti bantal setiap satu tahun sekali jika tidak dicuci untuk menghindari penyakit.

Tanaman hias

Tanaman hias mungkin dapat mempercantik ruang tidur, tapi tahukah Anda bahwa ternyata tanaman hias yang kekeringan dapat mengancam kesehatan ketika tidur? Akar tanaman hias yang membusuk karena kekurangan air akan menerbangkan spora jamur dan menularkannya ketika tidur sehingaga dapat menimbulkan alergi.

Hewan peliharaan

Bagi Anda yang terbiasa membiarkan hewan peliharaan untuk tidur bersama sebaiknya mulai berhati-hati. Sebab, bulu, debu, spora jamur, atau bakteri yang menempel pada tubuh mereka dapat menimbulkan penyakit. Hal ini mengganggu kualitas tidur dan yang lebih parah dapat menyebabkan sakit.

Lilin

Seseorang biasanya meletakan lilin aroma terapi untuk memberikan suasana santai dan romantis di kamar tidur. Namun, ternyata hal ini dapat membahayakan kesehatan karena beberapa lilin mengandung bahan kimia berbahaya, seperti benzena dan toulena.

Vacum cleaner

Jangan meletakan vacuum cleaner bekas pakai di ruang tidur karena sisa debu atau spora jamur yang tidak tersedot dengan benar bisa terhisap dan memicu penyakit.

Jendela

Lupa menutup jendela kamar saat tidur mungkin terdengar sepele, tetapi jendela yang dibiarkan terbuka memiliki dampak serius karena udara dan angin yang masuk dapat menerbangkan debu, spora jamur, dan sisa aroma bahan kimia berbahaya dari perabot di dalam kamar.

Kasur

Manusia menghabiskan hampir sepertiga hidupnya di kasur dan tanpa disadari kasur menjadi salah satu benda yang dapat membuat seseorang jatuh sakit jika kebersihannya tidak pernah dijaga. Oleh karena itu, menjaga kebersihan kasur menjadi suatu hal penting agar terhindar dari ragam penyakit.pegal

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.