Ini Dia Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengemudi Saat Musim Hujan

0 403

Heibogor.com – Ketika berkendara di saat hujan banyak pengemudi mobil yang melakukan kesalahan. Karena segala kemungkinan yang tidak diprediksi bisa terjadi. Selain itu, kemampuan berkendara dan pemahaman mengenai karakter mobil serta rambu lalu lintas juga menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan di saat hujan.

Seperti dilansir dari autobild, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pengemudi mobil di jalan raya saat musim hujan. Seperti menyalakan lampu hazard, melaju terlalu pelan atau kencang, berpindah lajur secara mendadak, serta tidak menjaga jarak aman.

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, menyalakan lampu hazard dapat membuat bingung pengemudi lain dengan lampu berkelap-kelip yang bisa menimbulkan highway hipnotized atau membuat pengemudi sekitar kehilangan kesadaran.

Highway hypnotized merupakan terjadinya hipnotis saat mengemudi di jalan raya akibat kehilangan fokus atau kesadaran karena kelelahan serta melihat sesuatu yang berulang-ulang seperti lampu hazard, lampu rotari polisi atau marka jalan.

Pengemudi juga sering kali tidak menjaga jarak aman kendaraan saat musim hujan sehingga jaraknya terlalu dekat dengan mobil depannya. Padahal jalanan yang basah membuat berkurangnya traksi dan mengakibatkan jarak pengereman menjadi lebih jauh dibandingkan dengan jalan dalam kondisi kering.

Marcell kemudian melanjutkan, saat berkendara di jalan tol sebaiknya pengemudi menggunakan acuan rambu lalu lintas kecepatan minimum dan bukan kecepatan maksimum. Hal ini bertujuan untuk menghindari kecelakaan, karena semakin cepat mobil berjalan akan semakin jauh jarak untuk berhenti.

Selain kebiasaan berkendara yang harus disesuaikan ketika musim hujan, kondisi mobil juga harus tetap terjaga. Pengemudi dapat memeriksa kondisi ban untuk memastikan ban dalam kondisi yang masih layak digunakan serta memperhatikan jarak pandang yang terbatas pada saat hujan untuk menghindari risiko terjadinya kecelakaan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.