Tutup Galian, Polisi Pastikan Tak Ada Orang di Lubang Gurandil

0 444

Heibogor.com – Polres Bogor membagi anggotanya kedalam 10 tim untuk menutup 600 lebih lobang galian yang digali oleh para penambang liar.

Ada protap yang diterapkan agar dalam operasi penutupan lobang ini tidak menimbulkan korban jiwa baik dari tim penutup lobang maupun jika ada penambang liar yang masih membandel.

Seperti team yang diikuti heibogor.com di ‘Grup Cepu’ (nama suatu titik wilayah). Dalam penutupan lubang, grup ini diikuti terdiri dari 39 penambang resmi dari PT. Antam dan 35 personil dari kepolisian ataupun Satuan Brimob.

Perlu waktu 1 jam lebih untuk menuju lokasi Grup Cepu, team pun menggunakan kendaraan dump truk. Sepanjang perjalanan, penumpang tidak berhenti berpegangan karena jalanan yang berbatu dan rusak tak beraspal dengan kontur jalan tanjakan dan turunan tajam.

“Kami membagi tim ini menjadi empat, dimana tiga tim untuk menutup lubang dan satu tim lainnya untuk membenahi longsoran,” kata Komandan Tim, Kompol Asep, kepada heibogor.com, Sabtu (19/09/15).

Ia menambahkan agar semua anggota tim selamat, seluruh anggota diperintahkan absen ketika datang maupun pulang. Ketika penutupan lubang, tim pun terlebih dahulu mengecek kondisi dan memastikan tidak ada orang didalam lubang yang biasa digunakan gurandil.

“Dalam penutupan galian kami terlebih dahulu mengecek, apakah ada orang didalam. Jika sudah dicek didalam lubang dan ketika dipanggil selama tiga kali belum menjawab, baru kami tutup,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.