Cara Ini untuk Cegah Korsleting Listrik dan Ledakan Tabung Gas

0 219

Heibogor.com – Komandan Regu Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor Sanusi mengungkapkan bahwa dari banyaknya kasus kebakaran di Kabupaten Bogor, mayoritas disebabkan oleh korsleting listrik dan kebocoran tabung gas.

“Di musim kemarau seperti ini, biasanya jumlah bencana kebakaran meningkat dan penyebab kebakaran di Kabupaten Bogor didominasi oleh korsleting listrik dan ledakan tabunng gas,” ucap Sanusi kepada heibogor.com.

Sanusi menyarankan untuk mencegah korsleting listrik sebaiknya dalam satu stop kontak dan tidak lebih dari 3 pemakaian alat elektronik.

“Alat-alat kelistrikan itu buatan manusia dan tinggi risiko cacat produknya sehingga bahaya korsleting listrik itu dimulai dari pemakaian alat-alat listrik secara cerdas dan dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Sedangkan ledakan gas, umumnya bermula dari regulator, pipa dan tabung gas yang bocor,” lanjutnya

Sanusi juga menyarankan, bahwasannya masyarakat pun bisa ikut menjadi penolong langsung untuk diri sendiri maupun sesamanya bila terjadi bencana kebakaran.

“Masyarakat sebaiknya menyimpan atau siaga karung goni atau handuk bekas. Jika suatu waktu ada kebakaran kecil di rumah atau kawasannya, pertolongan pertama bisa melalui karung atau handuk yang basah,” ungkapnya.

Jika ada kebakaran kecil, lanjut Sanusi, basahkanlah handuk atau karung goni, lalu taruh handuk atau karung tersebut di atas api.

“Dan apabila tabung gas, pipa atau regulator yang bocor setelah ditutup dengan handuk atau karung basah secepatnya lepaskan regulator dari tabung gas. Untuk menghindari kebakaran saat tabung gas bocor, bukalah pintu dan matikan hp dan listrik dirumah Anda,” pungkas Sanusi.


Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.