Melalui Seni Tradisional, Pemkab Sosialisasikan Program

0 316

Heibogor.com – Diskominfo Kabupaten Bogor tetap menggunakan media tradisional dalam upaya sosialisasi dan informasi pembangunan kepada masyarakat. Media tradisional tetap dibutuhkan meski arus media modern terus bermunculan.

”Meski di era digital ini media – media elektronik menjadi saluran informasi utama. Namun, bagi sebagian masyarakat Kabupaten Bogor, media tradisional berupa wayang golek dan kesenian lainnya masih diminati,” kata Kabid Teknologi Informasi Diskominfo Kabupaten Bogor Erna Ningsih, Minggu (07/09/14).

Dengan pertimbangan itu, tambah Erna, Pemkab dalam kegiatan sosialisasi visi Bogor menjadi kabupaten termaju di Indonesia, melakukannya melalui media tradisional, seperti wayang golek dan kesenian reog.

Oleh karenanya, ia menambahkan, media tradisional terus digunakan sebagai sarana yang efektif dalam melaksanakan diseminasi informasi atau penyebarluasan informasi mengenai kebijakan pembangunan di Bumi Tegar Beriman. ”Terutama dalam visinya mewujudkan Bogor menjadi kabupaten termaju di Indonesia,” sambungnya.

Diseminasi informasi yang dikemas dalam pergelaran seni budaya tradisional wayang golek dan reog, pekan lalu dilaksanakan di Lapangan Desa Cadas Ngampar, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Wayang golek asuhan dalang Iwa Wiwaha dan reog ‘Bondoroyot’ menghibur ratusan warga yang memenuhi lapangan tersebut.

Masyarakat antusias menyaksikan kegiatan diseminasi informasi yang dikemas dalam pertunjukan kesenian lokal, bahkan sebagian masyarakat turut menampilkan berbagai kesenian lainnya.

Jejen, Kepala Desa Cadas Ngampar mengatakan, warganya menyambut baik kegiatan diseminasi informasi melalui wayang golek dan reog. Menurutnya, selain diminati masyarakat sebagai hiburan rakyat, kegiatan itu juga bisa dimanfaatkan sebagai media informasi oleh Pemkab Bogor.

Ia mengatakan, warga Desa Cadas Ngampar adalah bagian dari masyarakat Kabupaten Bogor, sehingga warga berhak mengetahui seluruh informasi mengenai kebijakan – kebijakan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Melalui media tradisional seperti itu, lanjut Jejen, diharapkan masyarakat dapat menerima segala informasi mengenai kebijakan Pemkab Bogor, terutama mengenai visi sebagai kabupaten termaju di Indonesia.


Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.