Ini Posisi Kaki yang Tepat Saat Kendarai Mobil Matik

0 874

Heibogor.com – Mungkin sebagian dari kamu sering tidak menyadari kesalahan yang dilakukan saat berkendara, terutama pengendar wanita. Karena masih banyak ditemukan pengendara wanita yang tidak mengetahui di mana harus menaruh letak kaki kanan dan kiri saat mengendarai mobil matik.

Salah satu kasusnya adalah dengan menepatkan kaki kanan di posisi pedal gas, sedangkan kaki kiri berada di pedal rem. Perlu diingat, cara itulah salah seperti yang disampaikan salah satu pembalap nasional Rifat Sungkar.

“Biasanya ini dilakukan pada ibu-ibu, mengendarai mobil matik dengan posisi kaki kanan di pedal gas dan kaki kiri di pedal rem, ini salah total,” ujar Rifat dilansir dari detik.com.

Karena, lanjutnya, pengendara tidak pernah diajarkan melakukan pengereman dengan kaki kiri. Coba saja menggunakan rem dengan kaki kiri, itu pasti susah. Rifat menambahkan, pengendara yang melakukan hal itu bisa membahayakan si pengendara pastinya.

“Untuk kendaraan matik konvensional, pertama ini jelas berbahaya. Karena feeling itu tidak bagus, kecuali pebalap. Kedua cara ini bisa membuat gearbox lebih cepat rusak,” ujarnya.

Ketiga, masih kata Rifat, kalau mobilnya pakai brake-operated itu mesinnya pasti sering mati. Karena remnya yang diinjak tiga detik saja, bisa membuat mesin akan mati sendiri. “Kebayang kan bagaimana kalau rem terus diinjak, terlebih saat bertemu dengan belokan,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.