Hebat! Pertama Kalinya Ponsel 4G Lampaui 3G di Indonesia

0 348

Heibogor.com – Untuk pertama kalinya di kuartal pertama tahun 2016, ponsel 4G melampaui jumlah pengiriman ponsel 3G di Tanah Air. Salah satu lembaga riset International Data Center (IDC) mengungkap data menarik seputar ponsel 4G di Indonesia.

Dalam keterangan resminya yang dilansir dari kompastekno, IDC Indonesia mengatakan, periode Januari hingga Maret 2016 ini saja terdapat 6,5 juta unit ponsel yang masuk ke pasar Indonesia dan mengalami peningkat 2,7 persen dibandingkan tahun lalu.

Dari jumlah tersebut, 52 persen di antaranya atau 3,3 juta unit ponsel yang diimpor ke Indonesia merupakan ponsel 4G. Ponsel-ponsel 4G tersebut didominasi oleh perangkat murah yang banderol harganya antara 100 hingga 150 dollar AS atau sebesar Rp 1,3 juta hingga Rp 2 juta.

Dimana harga tersebut berasal dari vendor global dan China seperti Samsung, Lenovo, dan Oppo. Reza Haryo selaku Senior Market Analyst, Client Devices di IDC Indonesia mengatakan, pertumbuhan ponsel 4G di Indonesia akan tetap kuat dengan angka pertumbuhan dua digit dalam beberapa tahun ke depan.

Penetrasi ponsel 4G yang agresif ini turut mendongkrak harga jual rata-ratanya. Menurut catatan IDC Indonesia, rata-rata harga ponsel 4G di Indonesia pada kuartal pertama 2015 adalah 111 dollar AS atau sekitar Rp 1,6 juta.

Kini, di kuartal yang sama pada tahun 2016, harga rata-rata ponsel 4G di Indonesia menjadi 141 dollar AS atau sekitar Rp 2 juta. Di Indonesia sendiri, pasar ponsel di kuartal pertama 2016 masih dikuasai oleh Samsung dengan angka pertumbuhan 16 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Menyusul di belakangnya berturut-turut adalah Oppo sebanyak 187 persen, Asus sebanyak 24 persen, Advan sebanyak -12 persen, dan Evercoss sebanyak -15 persen.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.