Vanny Yusiana, Wasit Perempuan Pertama di Bogor

0 615

Heibogor.com – Menjadi seorang pengadil atau wasit dalam cabang olahraga (Cabor) bukanlah tugas yang mudah, terlebih jika Cabor yang dipimpinnya adalah olahraga yang didominasi oleh kaum pria seperti sepakbola.

Namun, hal itu nampaknya tidak menjadi persoalan bagi seorang Vanny Yusiana yang memilih menjadi wasit di olahraga paling gandrungi seluruh dunia. Baginya kecintaan terhadap sepakbola justru menjadi tantangan tersendiri ketika memutuskan menjadi seorang pengadil.

“Awal mulanya saya memang menyukai sepakbola  khususnya futsal. Tapi, karena memang peminat futsal perempuan di Bogor ini masih sedikit, saya pun tertarik untuk menjadi seorang wasit,” ujarnya kala bertemu dengan heibogor.com.

Dara kelahiran Ciamis 23 tahun silam itu pun mengatakan, pada saat memimpin sebuah pertandingan tidak jarang dirinya mendapatkan intimidasi dari para pemain pria. Akan tetapi, perlakuan kasar tersebut tidak digubris sama sekali oleh wasit perempuan pertama di Bogor itu.

“Cemoohan dan protes dari para pemain maupun penonton sama sekali saya hiraukan, justru itu melatih kesabaran saya dalam menghadapi mereka ketika memimpin pertandingan. Itulah mengapa saya sangat tertantang untuk menjadi wasit,” katanya.

Kini, Vanny yang telah mengantongi dua sertifikat wasit berlisensi yaitu lisensi wasit konvensional (Ascab PSSI Kota Bogor) dan futsal level 3 (provinsi Jawa Barat). Mempunyai keinginan untuk bisa mengembangkan karir ke kancah nasional dan profesional lagi.

“Saya sangat ingin berkarir di Liga Indonesia atau minimal ke kancah yang lebih profesional lagi. Dan berharap mempunyai kesempatan untuk mendapatkan linsensi C2,” pungkasnya.

Berikut biodata dari Vanny Yusiana :

Tempat Tanggal Lahir: Ciamis, 22 Februari 1992

Alamat: Duta Pakuan Blok E1 No. 08

Masuk kursus 2012- sampai sekarang

Lisensi Konvensional C3 (PSSI Ascab)

Lisensi Futsal Level 3 (Provinsi)

Ingin meningkatkan lisensi ke C2

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.