Antisipasi Potensi Kejahatan, Kades Merangkap Kasat Linmas

0 238

Heibogor.com – Tanggung jawab lurah atau kepala desa (Kades) akan ditambah menjadi Kepala Satuan Perlindungan Masyarakat (Kasat Linmas) di tingkat wilayahnya masing-masing.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor TB. Luthfi Syam mengatakan, bulan November mendatang, 434 lurah atau kepala desa di Kabupaten Bogor akan dilantik secara resmi menjadi Kasat Linmas.

Ia juga menyampaikan, tanggung jawab tersebut, untuk memaksimalkan peran kades atau lurah.

Terutama mengenai keamanan lingkungan serta deteksi dini mengenai potensi adanya ajaran sesat, terorisme, peredaran narkoba, serta membantu kebencanaan yang sering terjadi di daerah.

Menurut Kepala Seksi (Kasie) Linmas Satpol PP Kabupaten Bogor Ependi, anggota Linmas merupakan anggota Pertahanan Sipil (Hansip) yang diperbaharui nama dan fungsinya melalui Peraturan Kemendagri Nomor 84 Tahun 2014.

“Bulan November 2015 mendatang, 434 kepala desa atau lurah akan dilantik menjadi Kasat Linmas, nantinya akan ada berbagai pelatihan dan pemahaman tentang Linmas, para kepala desa atau lurah pun akan akan kami berikan pengetahuan bagaimana cara mendeteksi dini timbulnya potensi kejahatan, serta pelajaran lainnya,” kata Ependi kepada heibogor.com, (11/03/15).

Dilanjutkan Ependi, saat ini setiap desa atau kelurahan diberikan kuota jumlah Linmas sebanyak 10 personel dan total se-Kabupaten Bogor ada 4.340 personel Linmas.

“Rencananya pemerintah akan menambah hingga 50 personel di setiap desa atau kelurahan agar lebih maksimal lagi dalam membantu masyarakat,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.