Tips Berkendara Aman Bagi Pemotor Wanita di Malam Hari

0 437

Heibogor.com – Maraknya aksi perampokan di jalan raya atau yang sering disebut dengan begal, membuat siapa pun diharuskan untuk lebih waspada saat berkendara di malam hari. Tentunya berkendara di malam hari memiliki resiko berbahaya lebih tinggi untuk tindak kejahatan, terutama bagi pemotor wanita.

Dilansir dari detikOto, berikut beberapa trik bagi pengendara wanita agar tidak mengundang tindak kejahatan saat berkendara di malam hari. Trik pertama yang wajib dilakukan adalah menanggalkan perlengkapan bermotor yang menunjukkan identitas seperti wanita, misalnya dari warna jaket maupun helm. Selain itu, penggunaan tas juga perlu diperhatikan agar tidak rawan untuk dijambret atau menjadi sasaran empuk tindak kejahatan.

Marketing Director sekaligus instruktur Jakarta Defensive Driving Consultant (JDCC) Mira Keumala Safri mengatakan, identitas sebagai perempuan harus dihilangkan saat akan berkendara di malam hari, misalnya pakai baju dan  jas yang gombrong, helm maupun sarung tangan yang tidak menunjukkan kamu adalah seorang wanita.

“Tas juga jangan yang (model) selempang, karena itu dapat mengundang kejahatan. Intinya diganti penampakan jangan terlihat sebagai seorang perempuan. Faktanya di masyarakat perempuan itu lemah dan menjadi incaran kejahatan,” ujar Mira Keumala Safri.

Tips berikutnya yang perlu diperhatikan pemotor wanita yakni pada saat diharuskan melewati jalanan yang sepi di malam hari, Mira Keumala Safri menambahkan, agar pengendara tetap tenang dan fokus dalam berkendara. “Kalau harus lewat jalanan yang sepi, di gas aja. Jangan ragu, tapi jangan over speed juga. Karena begitu over speed maka kamu akan kehilangan fokus berkendara,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.