Jelang Perayaan Cap Go Meh, 3 Tangsin Lakukan Atraksi Iris Lidah

0 359

Heibogor.com – Menjelang perayaan Bogor Street Festival Cap Go Meh (CGM) 2015, masyarakat tionghoa di Bogor menggelar upacara atraksi iris lidah yang dilakukan oleh tiga orang tangsin di Vihara Dhanagun (Klenteng Hok Tek Bio), Jalan Surya Kencana, Kota Bogor, Rabu (04/03/15).

Ketua Panitia CGM 2015, Arifin Himawan menuturkan bahwa ritual ini dilaksanakan secara rutin setiap akan dilangsungkan pesta rakyat Cap Go Meh. Upacara atraksi ini bertujuan sebagai bentuk rasa syukur karena telah diberikan rezeki kepada para leluhur, juga memohon perlindungan.

“Atraksi ini diartikan sebagai sebuah upacara tolak bala. Artinya, kita memohon kepada para dewa untuk selalu diberikan keselamatan dan dijauhkan dari segala marabahaya,” ujarnya kepada heibogor.com, Rabu (04/03/15).

Ia menambahkan, dengan ritual tersebut, juga sebagai wujud permohonan kepada para dewa untuk kelancaran usaha. “Untuk yang usahanya kurang baik, kesempatan ini bisa dijadikan momen untuk memohon agar usahanya kembali dilancarkan,” paparnya.

Arifin juga menyampaikan, darah yang menetes dari lidah para tangsin yang disayat ini akan dijadikan tinta kemudian ditulis pada kertas mantra berwana kuning.

“Tulisan dari tetesan darah itu yang merupakan bentuk permohonan kepada dewa untuk mengusir aura jahat, kelancaran usaha, tolak bala, dan rezeki,” pungkasnya.

Ritual yang berlangsung sekitar satu jam itu, diawali dengan acara penyampaian doa yang dilakukan oleh tokoh spiritual agar jalannya atraksi berlangsung lancar dan aman.

Atraksi potong lidah sendiri dilaksanakan pada dua sesi, di mana pada sesi pertama dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB dan sesi kedua pada pukul 20.00 WIB. Ketiga orang tangsin tersebut merupakan para pendekar dari paguyuban tangsin se-Jabotabek.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.