GSPB Launching Buku Bahasa Sunda, Karya Dadang HP

0 615

Heibogor.com – Jumat (04/04/14), Gerakan Sarebu Pikeun Buku launching buku ‘Kumpulan Carpon Jeung Sajak Sunda’ karya Dadang H. Padmadiredja, di Kantor PWI, Jalan Kesehatan No. 4, Tanah Sereal, Kota Bogor.

Acara peluncuran buku berlangsung dalam suasana penuh canda dan keakraban. Hal ini tak lepas dari lakon sang penulis, Dadang H. Padmadiredja yang bertindak bak stand up comedy, sebelum memberikan sambutannya.

Dalam sambutannya, Dadang mengatakan bahwa Buku Carpon tersebut ia tulis karena dilatarbelakangi niatnya untuk memperkenalkan cerita dan sajak-sajak, serta cerita pendek (cerpen) yang dikemas dalam bahasa Sunda yang diperuntukkan bagi kalangan pelajar Kota Bogor, khususnya tingkat Sekolah Dasar (SD).

“Dulu ketika saya membuat majalah dan tabloid Sunda tidak laku. Dan semoga dengan buku ini menjadi laku,” harap Dadang HP.

Buku Carpon ini memiliki 84 halaman, dan berisikan 7 judul cerita pendek, serta 15 judul sajak dalam bahasa Sunda. Nantinya, buku ini akan dijual kepada umum, dan dapat dibeli dengan harga berdasarkan daya beli peminatnya.

Hasil penjualan buku nantinya, lanjut Dadang HP, akan digunakan untuk mencetak kembali buku-buku dari karya penulis Carpon lainnya.

“Hasil penjualan buku ini akan digunakan untuk mencetak buku-buku lainnya yang ditulis oleh para penulis berbahasa Sunda. Saya ikhlas dengan tidak mendapat honor dari menulis buku ini,” ujarnya.

Dadang HP melanjutkan, ia merasa prihatin dengan kenyataan langkanya buku berbahasa Sunda. Ia juga mengisahkan respons seorang guru ketika buku Carpon ini ditawarkan ke sekolah. “Belum (juga) menerangkan, saya sudah diusir oleh salah satu guru di sekolah dengan alasan tidak ada anggaran,” kisahnya.

Namun pada akhirnya, buku yang ia bawa bisa diterima guru tersebut setelah mendapatkan penjelasan dari Dadang HP, jika buku tersebut diberikan secara gratis. Akhirnya, guru tersebut dengan senang hati menerimanya.

Acara peluncuran Carpon ini dihadiri oleh masyarakat dari berbagai kalangan dan profesi, di antaranya dari Pemerintah Kota Bogor, Ketua Panitia Gerakan Sarebu Pikeun Buku, H. Shahlan Rasyidi, pengusaha, dan sejumlah budayawan di Kota Bogor. (Reza/MK)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.