Hati-hati! Rangka Motor Mudah Berkarat Akibat Hujan

0 467

Heibogorcom – Dimusim hujan seperti saat ini, karat menjadi salah satu penyakit yang sering muncul pada sepeda motor dan tentunya wajib dihindari. Selain rantai dan kaki-kaki yang rawan dengan korosi, ternyata sektor rangka juga wajib diantisipasi.

Adanya kontak langsung antara air dengan rangka motor saat hujan pastinya akan sering terjadi, terutama di bagian bawah, tepatnya pada sambungan rangka. Sebagian dari kamu mungkin tidak mempedulikannya, karena efek yang ditimbulkan relatif lama. Namun bila tidak di antisipasi sejak dini, hal tersebut akan merugikan para pemilik motor.

Tentu sebagian dari kita sudah tahu bahwa sebuah material besi rawan dengan karat, dan pada sepeda motor ada banyak materi besi, salah satu yang terbesar adalah rangka atau sasis. Karena itu, untuk kamu yang sering terguyur hujan cobalah untuk lebih hati-hati mulai saat ini.

Selain sambungan bagi motor modifikasi yang sudah potong rangka, posisinya yang terbuka juga harus membuat pengendara lebih waspada saat musim hujan. Saat air hujan masuk ke dalam lubang dan mengendap akan mempercepat proses terjadinya korosi dan karat, alhasil rangka motor akan cepat rapuh.

Dilansir dari kompas.com, salah satu pencegahan sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan rajin membilas motor sehabis terkena hujan dengan air bersih. Hal ini terlihat sepela, tapi manfaatnya cukup besar. Selain bisa langsung membebaskan motor dari zat asam pada kandungan air hujan, juga bisa merontokan kotoran yang menempel dengan lebih mudah.

Jangan biarkan air terlalu lama menempel pada motor. Sebisa mungkin saat sepede motor terguyur hujan, kamu harus langsung membilasnya dan jangan sampai dibiarkan hingga pagi. Kotoran yang nempel juga lebih mudah rontok karena posisi motor masih basah, kalau sudah kering akan susah dibersihkan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.