Lima Cara Aman Berkendara Bagi Perempuan

0 408

Heibogor.com – Melihat perempuan mengendarai sepeda motor, tentunya sudah tak asing lagi dimata pengguna jalan lainnya. Bukan hanya untuk sekedar bersenang-senang, para lady bikers ini juga memiliki alesan lainnya yakni karena tuntunan pekerjaan yang dijalani bahkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti mengantarkan anak ke sekolah atau sekedar pergi berbelaja ke pasar.

Semakin berjamurnya perempuan yang mengendarai sepeda motor, membuat komunitas Srikandi lima mengkampanyekan gerakan “Ayo Selamatkan Perempuan Indonesia”. Dalam kampanye kali ini, mereka berbagi cara berkendara yang aman untuk pengendara perempuan. Berikut lima cara aman berkendara seperti dilansir dari okezone.

Periksa Kondisi Kendaraan

Kondisi kendaraan adalah bagian terpenting yang harus diperhatikan ketika hendak berkendara. Periksa kondisi kendaraan dari lampu utama, bahan bakar hingga kondisi ban.

Perlengkapan Berkendara

Pastikan kamu menggunakan perlengkapan yang lengkap untuk mengurangi resiko kecelakaan. Perlengkapan yang paling penting digunakan adalah helm. Komponen dalam berkendara ini tidak boleh sampai dilupakan. Karena seperti yang kita tahu, helm merupakan benda yang dapat melindungi kepala ini dari benturan keras saat terjatuh.

Tak hanya helm, komponen lainnya yang wajib kamu gunakan adalah jaket, sepatu, dan sarung tangan. Salah satu anggota Srikandi lima Zie mengatakan, perlengkapan berkendara wajib digunakan sebagai pelindung setiap pengendara untuk menjaga beberapa bagian tubuh saat terjadi kecelakaan.

Mematuhi Rambu Lalu Lintas

Mematuhi rambu lintas sangatlah penting bagi semua pengendara, karena jika tidak mematuhi rambu lalu lintas dapat membahayakan penguna jalan lainnya.

Jaga Kecepatan Kendaraan

Jaga kecepatan kendaraan maksimal 60-80 kilometer per jam. Dengan menjaga kecepatan maka resiko kecelakaan akan berkurang.

Dalam Kondisi Fit

Jangan pernah memaksakan mengendarai sepeda motor saat lelah. Hal ini bisa sangat fatal, karena sangat membahayakan pengguna jalan lainnya. Sebaiknya istirahatlah yang cukup ketika hendak berkendara. Salah seorang anggota Srikandi lima lainnya Inge mengatakan, jangan paksakan berkendara dalam kondisi lelah.

“Biasanya ditengah kemacetan, banyak pengendara yang memaksakan diri sehingga mengakibatkan konsentrasi menjadi berkurang,” pungkasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.