ESDM Sosialisasi Peraturan Pertambangan bagi Pelaku Usaha

0 493

Heibogor.com – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Bogor menggelar sosialisasi peraturan pertambangan bagi pelaku usaha pertambangan dan aparatur pemerintah kabupaten Bogor yang dilaksanakan di Hotel Orri, Citereup, Kabupaten Bogor, Rabu (29/10/14).

Dalam kegiatan tersebut, hadir Kepala Bidang pertambangan Umum ESDM, jajaran Pemerintah Kabupaten Bogor serta pelaku usaha pertambangan.

Kepala Bidang Pertambangan Umum ESDM Kabupaten Bogor Sulaeman mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi terhadap para pengusaha pertambangan yang ada di Kabupaten Bogor.

”Segala bentuk pertambangan harus berdasarkan peraturan yang ada mulai peraturan pertambangan, tata ruang, serta peraturan lingkungan hidup,” kata dia.

Dalam sosialisasi ini, lanjut dia, sebagai bentuk memberikan pengetahuan kepada para pengusaha dalam melakukan pertambangan. Kabupaten Bogor sendiri memiliki sejumlah mineral pertambangan yang produktif dan prospektif hingga saat ini ada sekitar 45 perusahaan pemegang izin usaha pertambangan yang beroperasi.

”Komoditas tambang unggulan dan sumber daya mineral kabupaten Bogor sendiri yakni andesit, batu kapur, tanah liat, pasir dan kerikil,trass, tanah urug, dan feldspar,” terangnya.

Dia pun menjelaskan, adapun tempat pertambangan di wilayah kabupaten Bogor, berada di 15 kecamatan yang dimungkinkan adanya usaha pertambangan sesuai Perda Kabupaten Bogor Nomor 19 tahun 2008 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bogor 2005 – 2025.

”Wilayah-wilayah tersebut di antaranya, Kecamatan Tenjo, Parung Panjang, Jasinga, Sukajaya, Cigudeg, Nanggung, Rumpin, Leuwiliang, Leuwisadeng, Citereup, Klapanunggal, Sukamakmur, Jonggol, Cariu, serta Tanjung Sari,” ungkapnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.