Cegah Ancaman Banjir, Pemkot Perbanyak Lubang Resapan Biopori

0 245

Heibogor.com – Lubang resapan biopori dapat membantu menurunkan kerentanan sebuah wilayah kota terhadap ancaman banjir, kekeringan, dan membantu mengurangi beban sampah kota.

Lubang resapan biopori juga sangat tepat diaplikasikan pada lokasi-lokasi yang memiliki kepadatan bangunan seperti pemukiman penduduk.

Lubang resapan biopori juga, seperti dikatakan Wali Kota Bogor Bima Arya, sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan yang tak lain agar Kota Bogor tetap hijau dan nyaman.

“Lubang resapan biopori ini merupakan teknologi yang sederhana, murah, tidak memerlukan lahan yang luas, serta cepat dan mudah dalam pembuatannya,” kata Bima.

Dalam pengelolaannya, terang Bima, tentu harus melibatkan peran serta masyarakat sebab pemeliharaan lubang resapan biopori ini sangat penting karena akan sangat menentukan keberlanjutan dari manfaatnya.

“Pemeliharaan lubang resapan biopori ini meliputi pemberian sampah organik ke dalam lubang dan pengambilan hasil kompos secara berkala. Dengan begitu, fungsi dan manfaat lubang resapan biopori juga akan dapat optimal,” terangnya.

Pola penyadaran kepada masyarakat akan banyaknya manfaat dari lubang resapan biopori ini, lanjut Bima, maka partisipasi masyarakat pun sangat diharapkan.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.