Asupan yang Baik Dikonsumsi Saat Terserang Flu

0 268

Heibogogr.com – Flu tak hanya mengganggu kesehatan tubuh, tetapi juga dapat mengganggu Anda dalam menjalankan aktivitas. Sebagian dari Anda mungkin memilih mengonsumsi obat-obatan untuk menghilangkan penyakit flu.

Namun demikian, mengonsumsi asupan berikut dapat meredakan flu dengan cepat.

Es popsicle

Es krim popsicle dipercaya dapat menenangkan sakit pada tenggorokan Anda. Makanan ini juga dapat membantu Anda tetap terhidrasi, yang merupakan kunci ketika berjuang melawan flu.

Carilah es loli yang terbuat dari 100 persen jus buah untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi penting dan bukan air gula. Buah seperti apel, anggur, atau stroberi sangat baik sebagai paduan.

Sandwich

Sandwich tak hanya lezat, tetapi juga memiliki banyak manfaatnya. Sandwich dinilai memberi energi untuk memerangi penyakit flu. Protein dan lemak yang terdapat di dalam daging baik dikonsumsi saat tubuh tidak fit.

Sup ayam

Penelitian menunjukkan  bahwa sup ayam mampu meningkatkan kemampuan silia (rambut-rambut halus pada hidung) untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus.

Bawang putih

Jika Anda suka, bawang putih dapat menjadi pilihan yang baik untuk membumbui makanan seperti sup. Bawang putih memiliki sifat antimikroba dan kekebalan, merangsang dan dapat memberikan sedikit lega dari mampetnya hidung Anda.

Jahe

Jahe adalah obat rumahan yang sering digunakan untuk menenangkan penyakit flu. Beberapa penelitian menunjukkan jahe membantu untuk memerangi peradangan. Cobalah menambahkan jahe segar parut ke dalam makanan lain, atau sekedar olah jahe dengan air hangat.

Teh hangat

Teh oolong, teh hijau, black tea, kaya antioksidan yang sangat baik melawan penyakit infeksi. Tambahkan madu dan sedikit jeruk nipis untuk efek melegakan tenggorokan saat batuk pilek.

Pisang

Pisang tak hanya baik untuk pencernaan. Nyatanya, pisang dapat menyembuhkan Anda dari influenza. Pisang lebih baik dimakan langsung tanpa digoreng dengan menggunakan tepung.

Bayam

Nutrisi yang dikandung bayam menunjang daya tahan tubuh melawan penyakit flu. Satu mangkuk sayur bayam dari kebutuhan nutrisi harian kita mengandung 37 persen vitamin A, 30 persen vitamin C, 20 persen vitamin E, dan 15 persen Zinc.

Bubur hangat

Makan bubur hangat dapat membuat Anda merasa lebih nyaman ketika terserang flu. Bubur hangat juga akan membantu meredakan flu dan membuat tubuh Anda merasa lebih baik.

Makanan yang dikukus

Jika Anda sedang flu dan batuk, hindari makanan-makanan yang digoreng. Lebih baik, Anda mengkonsumsi makanan yang dikukus dan menggunakan bumbu sedang. Bila Anda sudah bisa makan sepiring makanan yang dikukus, berarti kondisi Anda sudah semakin baik dan akan cepat sembuh.

Buah citrus

Kelompok buah citrus seperti jeruk oranye, lemon atau jeruk nipis kaya akan vitamin C yang terkenal akan khasiatnya menyembuhkan flu.

Lapisan putih tipis seperti jaring, yang biasa melapisi buah oranye, lemon atau jeruk Bali saat dikupas ternyata punya kandungan flavonoid yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan.

Makanan pedas

Makanan pedas bisa membuat hidung kita mengalir dan mata berair, tapi makanan pedas juga sebagai dekongestan alami yang efektif. Konsumsi cabai, wasabi bisa membantu meringankan hidung tersumbat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.