Polisi: Ledakan Keras di Kuburan Tiongkok Berasal dari Karbit

0 316

Heibogor.com – Ledakan keras di kuburan Tiongkok, Kampung Genteng, Bogor Selatan, Kota Bogor, disebut polisi dari berasal karbit. Pelaku diduga orang iseng.

”Dari olah TKP sementara tidak menemukan adanya bekas-bekas benda rakitan seperti bom. Cuma ada bekas plastik yang terbakar,” kata Kapolres Bogor Kota AKBP Bahtiar Ujang Purnama kepada wartawan usai olah TKP Minggu (7/9/2014) malam.

Hal senada juga disampaikan Kapolsek Bogor Selatan Kompol Arif Gunawan yang turut ke TKP. Menurutnya, ledakan bersumber dari karbit.

”Diduga bahan peledak karbit. Itu karbit yang meledak. Ini terlihat dari batang pohon jambu, akarnya warna putih, seperti karbit. Diduga kerjaan orang iseng. Belum sejauh itu ke tindakan teror,” imbuh Arif.

Dari TKP polisi mengamankan berbagai barang bukti. Di antaranya plastik yang robek dan bungkus rokok. Polisi telah memasang police line di TKP untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Sebelumnya, ledakan terjadi di tengah kuburan Tiongkok di RT 03/ RW 06 Kelurahan Genteng, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

Kompol Arif mengungkapkan bahwa ledakan tersebut cukup kuat karena dapat terdengar hingga perkampungan warga yang berjarak sekitar 1 km dari lokasi.

Selain itu, ledakan tersebut juga membakar sebuah pohon berdiameter 10 cm, yang diduga tempat lokasi ledakan terjadi. Tidak terjadi kerusakan baik itu kuburan Tiongkok maupun pemukiman warga karena lokasi berada di area makam, dan sedikit di ketinggian.

”Mungkin karena lokasinya di ketinggian, sehingga dentuman ledakan terdengar kuat oleh warga,” kata Kompol Arif.

Kompol Arif menyebutkan pihaknya sudah meminta keterangan sejumlah saksi serta aparat terkait seperti ketua RT dan RW guna memastikan apakah ada orang yang datang ke lokasi sebelum kejadian.

”Kami juga menginstruksikan seluruh jajaran untuk meningkatkan penjagaan dan kewaspadaan, serta menghimbau masyarakat untuk segera melapor bila ada hal-hal yang mencurigakan,” kata Kompol Arif.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.