SMP Bantarjati Miliki Hutan Tanaman Obat

0 785

Heibogor.com – Mungkin di sekolah lain tidak dapat kita temui hutan tumbuhan obat serta petunjuk pengobatan dan nama jenis tumbuhan serta khasiatnya. Akan tetapi di sekolah SMP Bantar Jati Kampung Nambo Desa Bantar Jati Kecamatan Klapanunggal Kabupaten Bogor dapat ditemui tumbuhan obat.

Pihak sekolah malah menyajikan buku petunjuk pengobatan dan khasiat tumbuhan bagi warga yang ingin mengunakan tumbuhan yang ada di sekolah tersebut. Sekolah yang berada di bawah yayasan Indocement pabrik Citeureup ini memperoleh gelar Sekolah Adiwiyata Nasional.

Menurut keterangan Kepala Sekolah SMP Bantar Jati Tatang Wirasanjaya, siswa sekolahnya menanam berbagai jenis tumbuhan, baik tumbuhan produktif dan juga tumbuhan obat. Untuk tumbuhan obat disediakan jenis tumbuhan dan khasiatnya, serta buku paduan tata cara penggunaanya.

“Siswa di sini diberikan pelajaran untuk menanam pohon, baik produktif maupun tumbuhan obat. Kami juga menyediakan buku paduan tatacara pembuatan serta kasiat dari tumbuhan obat tersebut yang dapat digunakan masyarakat, yang akan melakukan pengobatan dengan tumbuhan yang ada di sekolah ini,” kata Tatang.

Ada 34 jenis tumbuhan obat yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit dari yang ringan sampai kronis / berat. “Kami tanam ada 34 jenis tumbuhan obat yang dapat mengobati berbagai penyakit dari yang ringan sampai kronis bisa didapat di sekolah ini,” katanya.

Direktur Eksekutif Indocement, Kuky Permana mengatakan, ini merupakan komitmen nyata Tiga Roda untuk membangun generasi peduli lingkungan.

“Saat ini Tiga Roda sudah dalam tahap mengedukasi pentingnya pelestarian lingkungan hidup dan pemanfaatan tumbuhan dimulai dari usia sekolah, kami berikan kepedulian pada masyarakat termasuk pengunaan tumbuhan obat ” kata Kuky.

SMP Bantarjati yang berada di bawah Yayasan Indocement telah meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional berkat kerja keras dan kerjasama semua elemen yang salah satunya tumbuhan obat ini.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.