Lima Tips Simpel Saat Motor Mogok Terkena Banjir

0 629

Heibogor.com – Memasuki musim hujan, tentunya kamu sering melihat sepeda motor mogok di pinggir jalan. Mogok usai menerobos banjir, sebenarnya bukanlah sesuatu yang menakutkan. Tetapi jika kamu bisa menghindari banjir, alangkah baiknya kamu tidak nekat untuk menerobos banjir. Agar hal ini tidak terjadi, kamu bisa menjalankan beberapa trik sederhana ini.

1. Bersihkan Busi

Busi adalah elemen penting dari sebuah kendaraan bermotor, karena busi memiliki fungsi sebagai pematik api yang biasanya akan sensitif bila terkena air. Caranya dengan lap busi dengan kain kering, lalu gunakan sikat gigi untuk membersihkan ujung busi.

2. Bersihkan Knalpot dari Air

Knalpot biasanya akan terisi air, saat kendaraan nekat menerjang banjir. Langkah kedua yang benar adalah bersihkan knalpot dari air, dengan cara mengangkat ban depan sehingga air keluar dari knalpot.

3. Bersihkan karburator dari Air

Bagi kamu pemilik sepeda motor yang masih menggunakan karburator, apabila masih belum bisa menyala, lebih baik periksa karburator untuk memastikan tidak ada air yang bercampur dengan bahan bakar di kendaraan.

4. Periksa Oli

Lalu hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memeriksa oli, apakah oli bercampur dengan air. Apabila oli bercampur dengan air, oli akan berwarna putih, hal ini sangat penting pula untuk diperiksa.

5. Panaskan Mesin

Akan lebih baik bila tidak langsung men-starter motor kamu setelah banjir, melainkan dengan cara manual yakni diengkol,  lalu panaskan mesin. Setelah melakukan hal tersebut akan lebih baik bila segera membawa motor ke bengkel terdekat, untuk menghidari kerusakan lebih parah pada mesin motor kamu.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.