Sekarang Cetak Kartu Identitas Anak Bisa di UPT Disdukcapil

0 83

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor mulai memberlakukan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) yang dapat dicetak di tiap-tiap Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Kepala Seksi (Kasie) Identitas Penduduk Disdukcapil Kabupaten Bogor, Suparno mengatakan pencetakan KIA untuk wilayah Kabupaten Bogor dapat dicetak langsung di setiap kantor UPT Dinas Dukcapil yang ada di Kabupaten Bogor.

“Iya benar bisa cetak KIA, kini permohonan pencetakan KIA untuk di wilayah Bumi Tegar Beriman khususnya yang memiliki anak yang juga telah memiliki Akta Kelahiran sudah bisa mengajukan di tiap kantor UPT yang ada,” ujar Suparno saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (8/7/20).

Ketujuh kantor UPT tersebut melayani wilayah sesuai zona masyarakat per Kecamatan. Yakni, UPT I Parung meliputi Kecamatan Parung, Kemang, Rancabungur, dan Kecamatan Tajurhalang, UPT II Rumpin diantaranya Kecamatan Rumpin, Gunung Sindur, Ciseeng, dan Kecamatan Parung Panjang, UPT wilayah III Cibungbulang, Kecamatan Cibungbulang, Tenjolaya, Ciampea, Dramaga, dan Kecamatan Pamijahan. UPT wilayah IV Leuwisadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Leuwiliang, Jasinga, Cigudeg, Nanggung, Tenjo, dan Kecamatan Sukajaya, UPT wilayah V Ciawi, Kecamatan Megamendung, Cisarua, Ciawi, dan Caringin, UPt wilayah VI Cijeruk, Cijeruk, Tamansari, Ciomas, dan Kecamatan Cigombong, dan terakhir bagi UPT wilayah VII Cileungsi, meliputi Kecamatan Cileungsi, Jonggol, Cariu, Tanjungsari, Sukamakmur, dan Kecamatan Klapanunggal.

Adapun untuk kantor Disdukcapil sendiri akan melayani masyarakat terdiri dari warga Kecamatan Cibinong, Citeureup, Sukaraja, Babakan Madang, Gunung Putri, dan Bojonggede.

Di samping itu, ia menambahkan permohonan pembuatan Kartu Keluarga (KK) juga dapat diterbitkan ketujuh kantor UPT tersebut secara bertahap.

“Jadi dalam pemberlakukan ini, Disdukcapil bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam kepengurusan terkait dokumen kependudukan maupun pencatatan sipil bagi warga Kecamatan yang berada jauh dari lokasi Disdukcapil berada,” tegasnya.

Sementara, Ketua koordinator pencetakan Disdukcapil Kabupaten Bogor, Abdul Qodir menuturkan KIA memiliki banyak manfaat. Yakni dapat digunakan untuk persyaratan pembuatan rekening tabungan bagi anak berusia 13 tahun, yang setingkat SMP/SLTP.

Ketika anak telah beranjak usia 17, maka otomatis KIA menjadi KTP. Pasalnya, nomor seri yang tertera dalam KIA akan tetap sama dan tidak berganti dengan yang tertera di KTP. Bahkan dapat juga dijadikan syarat membuat pasport

“Kalau dia harus ke luar negeri misalnya, mengurus pasport juga dapat kartu sehat, kartu pintar,” sambungnya.

Tinggalkan Balasan