Tes Swab Sasar Jalur Puncak Putus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

0 13

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di pusat keramaian termasuk pasar, tes massal gencar dilakukan seperti yang dilakukan pada Kamis (02/07/20) di Pasar Cisarua, Kabupaten Bogor.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina mengatakan ada 500 sampel swab tes disediakan untuk pedagang Pasar Cisarua bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat. “Program Gugu sTugas Kabupaten dengan Jawa Barat melakukan swab massal dengan sasaran pedagang kita sediakan 500 alat swab,” ujarnya, Kamis (2/7/20).

Dalam tes massal kali ini, tidak menggunakan alat rapid tes melainkan langsung swab tes. Mike menyebut bahwa hal tersebut sesuai permintaan Pemprov Jawa Barat guna memutus mata rantai di Pasar jalur Puncak tersebut.

“Ini permintaan dari Pemprov Jawa Barat jadi sebaiknya di swab saja supaya lebih baik. Tenaga medis pun dikirimkan dari Jabar dibantu juga dengan tenaga medis dari Kabupaten Bogor,” ungkapnya. Di tempat yang sama, Direktur Oprasional PD Pasar Tohaga, Doni Djatnika mengatakan tes massal tersebut merupakan bantuan dari Pemprov Jabar yang memilih swab agar hasilnya lebih akurat ketimbang dengan rapid tes.

Doni menyebut terdapat 530 pedagang secara keseluruhan di Pasar Cisarua, untuk itu ia menargetkan agar setiap pedagang dapat di tes swab langsung termasuk para warga yang antusias datang ke lokasi tes massal. Hingga kini belum terdapat pasien positif dari tes massal tersebut mengingat hasil swab tes dapat diketahui 3 hingga 4 hari ke depan.

“Sampai saat ini belum ada yang terpapar, swab test ini masih menunggu waktu dahulu. Tapi kemarin tes serupa juga di Parung Panjang hasilnya 0 positif,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan