Penumpang KRL Ikut Tes Massal Covid-19 Cegah Penyebaran di Transportasi Umum

0 12

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Ratusan penumpang KRL Commuter Line melakukan rapid test di Stasiun Bogor pada Jumat (26/6/20) sore. Tes massal yang menargetkan pada penumpang yang baru turun di Stasiun Bogor Kota ini, dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran virus Covid-19 melalui moda transportasi KRL Commuter Line.

Dari pantauan di lokasi, penumpang yang baru saja turun dari kereta langsung disodorkan brosur yang berisi pedoman adaptasi kebiasaan baru dan ditawari untuk mengikuti rapid test. Disini sejumlah petugas Satpol PP, TNI dan Polri dikerahkan untuk menyebar brosur dan mengajak warga untuk ikut tes. Meski ada penumpang yang cuek dan menolak mengikuti tes dengan alasan ada urusan dan terburu-buru tapi banyak juga penumpang yang dengan sukarela ikut rapid test.

Disisi lain, yang menarik perhatian disini adalah kehadiran dua mojang Jawa Barat yang ikut membujuk warga agar mau mengikuti rapid test yang digelar secara gratis oleh Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Jawa Barat bersama Dinkes Jawa Barat. Dengan memakai face shield, masker batik, dan sarung tangan karet, dua mojang cantik tersebut bertugas menghampiri dan menyapa penumpang yang baru turun dan mengarahkannya untuk mengikuti rapid test.

Salah satu mojang, Adelia Septa mengatakan, dirinya sebagai perwakilan mojang Jawa Barat dilibatkan di sini tugasnya untuk membantu mengajak orang-orang agar mau mengikuti rapid test. “Karena Mojang Jajaka itu di bawah naungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, dari itu mereka mengajak kita dalam sosialisasi ini. Apalagi Kota Bogor ini kan masih zona kuning jadi rapid test ini sangat perlu dilakukan,” kata mojang Jawa Barat tahun 2019 ini.

Ia mengungkapkan, ada tiga lokasi di Bogor yang dikunjungi yakni mengecek protokol kesehatan di Taman Safari Cisarua bersama Gubernur Ridwan Kamil dan Kadisparbud Jabar. Kemudian dilanjut ke Pasar Cisarua dan terakhir ke Stasiun Bogor. ” Tadi kita melakukan sosialisasi di pasar mengenai pentingnya memakai masker, menjaga jarak dan rajin cuci tangan. Selain itu, tadi juga kita membagikan masker dan face shield kepada para pedagang di pasar. Dari situ kita langsung ke stasiun sedangkan Kang Emil ke ponpes di Pagentongan,” ungkapnya.

Sementara Andina Mutiari mojang Jawa Barat 2016 yang mendampingi Adelia Septa menambahkan, untuk acara rapid test, ini adalah yang kedua kalinya mojang Jawa Barat diikutsertakan. Sebelumnya mojang yang lain ikut serta pada rapid test lalu di kawasan Puncak.

“Kita sebagai publik figure harus pintar mensosialisasikan bahwa masyarakat perlu sadar terhadap bahaya Covid-19 ini. Jika angka korbannya terus meningkat pastinya bakal berimbas pada seluruh aspek terutama sektor ekonomi. Maka dari itu, kita sosialisasikan rapid test ini untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran virus Covid-19 agar Indonesia bisa kembali pulih,” harapnya.

Tinggalkan Balasan