Klaster Pasar Cileungsi Positif Covid-19 Mayoritas Orang Tanpa Gejala

0 14

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Bogor yang juga Bupati Bogor, Ade Yasin mengungkapkan dari total 16 positif Covid-19 dari klaster pasar Cileungsi, rata-rata tergolong orang tanpa gejala (OTG).

“Rata-rata kondisi mereka itu OTG, kelihatannya sehat-sehat saja tapi ternyata swab tes hasilnya positif,” kata Ade Yasin di Pendopo Bupati, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (3/6/20).

Ia menambahkan, saat ini semua pasien positif tersebut sudah melakukan isolasi di RS rujukan Covid-19. Menurutnya pasien positif klaster Pasar Cileungsi kini tengah menjadi fokus GTPP lantaran penambahan angka kasus positif belakangan banyak disumbang klaster tersebut.

“Yang menbuat angka positif tinggi sekarang ini kan dari klaster Pasar Cileungsi. Kluster ini kita amati terus jangan sampai menambah lagi jadi kita tracking terus,” tambahnya.

Perubahan sistem dan pengawasan pasar, kata Ade, akan terus dilakukan supaya pasar-pasar lain di Kabupaten Bogor lain tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19 serupa. “Semua pasar sudah kita minta untuk memprioritaskan pangan terlebih dahulu. Jadi yang bukan pangan itu supaya tidak ada toleransi untuk buka,” jelasnya.

Bersamaan dengan itu, setiap pasar sudah diputskan menjadi zona wajib masker. Ade sudah memperintahkan setiap pengelola pasar yang ada untuk memperketat pengawasan guna menekan penyebaran virus di lingkungan pasar. “Pasar itu zona masker jadi yang tidak pakai masker gak boleh masuk harus ketat. Pengelola pasar juga harus ketat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan