Jabodetabekpunjur Diguyur Rp13 Triliun Tangani Banjir dan Longsor

0 10

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Pemerintah pusat menggelontorkan dana sebesar Rp13 Triliun untuk menanggulangi banjir dan tanah longsor di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Puncak dan Cianjur (Jabodetabekpunjur) periode 2020-2024.

Bupati Bogor, Ade Yasin menyebut rencana aksi tersebut meliputi kawasan hulu hingga tengah Daerah Aliran Sungai (DAS) yang bermuara ke Jakarta, Tangerang dan Bekasi.

“Total, ada sekitar 203 kegiatan yang akan dilakukan selama periode 2020-2024. Mulai dari penataan regulasi, pencegahan resiko, penataan ruang dan bangunan, pengurangan bahaya, hingga penguatan manajemen krisis,” kata Ade Yasin di Pendopo Bupati, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (2/6/20) kemarin.

Dalam rapat koordinasi bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan setiap kepala daerah yang berbatasan dengan Jakarta secara daring tersebut. Ade Yasin mengajukan agar ada normalisasi untuk DAS Cisadane, Ciliwung hingga Cikeas yang diketahui menjadi langganan banjir beberapa waktu belakangan.

Meski begitu dirinya mengaku belum dapat memastikan ajuannya tersebut masuk dalam rencana aksi penanggulangan banjir dan tanah longsor wilayah Jabodetabekpunjur tersebut.

“Cuma belum bisa pastikan masuk atau tidaknya. Karena yang tadi disampaikan oleh sejumlah kementerian masih global. Belum dirinci satu per satu wilayahnya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan