Kemenag Kabupaten Bogor Tunda Ribuan Calon Jemaah Haji ke Tanah Suci

0 7

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi membatalkan pemberangkatan jemaah haji Indonesia tahun 2020 yang tertuang dalam keputusan Menteri Agama RI Nomor 494 Tahun 2020.

Dalam keputusan itu, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menegaskan pembatalan pemberangkatan ibadah haji untuk seluruh warga negara Indonesia tanpa terkecuali.

Sebab, pihak Arab Saudi tak kunjung membuka akses bagi jemaah haji dari negara mana pun. Akibatnya, pemerintah tidak mungkin lagi memiliki cukup waktu untuk melakukan persiapan, utamanya dalam pelayanan dan perlindungan jemaah

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kabupaten Bogor, H. Maksum menyebut isi keputusan Menag tersebut membatalkan keberangkatan jamaah haji tahun ini, baik kuota haji pemerintah dan visa haji muamalah dan digantikan (diberangkatkan) tahun 2021 mendatang bagi yang sudah melunasi.

“Sesuai dalam SK itu, jemaah haji yang sudah melunasi akan menjadi jemaah haji pada penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1442 Hijriah atau tahun 2021 nanti,” kata Maksum, Selasa (2/6/20).

Oleh karenanya Kemenag Kabupaten Bogor mengikuti instruksi dari pemerintah pusat soal pembatalan tersebut. Di samping itu ia menyebut ada 3.421 calon jemaah haji (calhaj) yang sudah melunasi biaya haji dari jumlah kuota.

“Sejauh ini yang sudah melunasi ada 3.421 calon jamaah haji, dari kuota 3.473 jamaah untuk tahun ini. Di tingkat Kabupaten Bogor mengikuti instruksi dari pusat,” sebutnya

Tinggalkan Balasan