Ade Yasin Masih Ogah Berlakukan New Normal dan Pilih Perpanjang PSBB

0 42

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Bupati Bogor, Ade Yasin menyebut belum ingin memberlakukan ‘new normal’ di Kabupaten Bogor dan lebih memilih memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap tiga hingga 29 Mei 2020.

Ade menilai dalam menerapkan new normal diperlukan analisis lebih lanjut terlebih penyebaran Covid-19 masih masif dan belum mau terburu-buru menerapkannya.

“Mengapa kita memperpanjang PSBB dan tidak segera memberlakukan ‘new normal’? Ada hal-hal yang harus kami analisis secara hati-hati terlebih dahulu berkaitan dengan penerapan new normal,” kata Ade Yasin dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Rabu (27/5/20).

Ia menyebut perlunya analisis epidemiologi dan effective reproduction number (RT) atau angka penyebaran virus guna mengetahui tren grafik positif serta penyebaran Covid-19 dari satu orang ke orang lainnya menurun atau tidak sebelum diterapkan new normal di Kabupaten Bogor.

“Analisis epidemiologi dan reproductive number dimana kita harus mencermati dengan hati-hati kondisi grafik positif Covid-19. Apakah penurunan ini benar-benar telah terjadi atau (hanya) sementara,” sebutnya.

Kemudian, ia mencatat berdasar data RT hingga 19 Mei 2020 angka penyebaran virus di Kabupaten Bogor masih berada di angka 1,2 yang menurutnya masih tinggi dalam tingkat penyebaran.

Meski begitu, tercatat selama tiga hari belakangan sejak Minggu (24/5) di Kabupaten Bogor tidak ada penambahan kasus positif. Ia berharap tren tersebut dapat menjadi indikator penurunan angka penyebaran Covid-19.

“Kita berupaya untuk menekan angka RT sampai kurang dari 1. Semoga dengan semakin melandainya kurva positif bisa merubah hasil penghitungan tersebut, menjadi 1 atau bahkan lebih kecil dari satu,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan