Royal Safari Garden Tetap Jaga Kesehatan Satwa Selama PSBB

0 86

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Salah satu keeper Royal Safari Garden Cisarua tetap melakukan perawatan terhadap satwa untuk menjaga kesehatan dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dalam masa PSBB di wilayah Bodebek, Royal Safari Garden Cisarua, Kabupaten Bogor, tetap memprioritaskan perawatan satwa. Perawatan satwa dilakukan oleh para keeper mulai dari kebersihan kandang, pemberian pakan satwa, maupun kegiatan konservasi lainnya.

Public Relation Royal Safari Garden, Rully Zulkifli mengatakan, tidak hanya perawatan tapi juga termasuk pengecekan kesehatan satwa pun tetap diperhatikan oleh keeper, team medis, curator dan dokter hewan.

Rully menjelaskan, saat ini, jumlah koleksi satwa secara keseluruhan sekitar 700 satwa dari semua jenis satwa. Namun yang paling banyak adalah spesies burung. Adapun SOP yang dilakukan oleh manajemen yakni penyemprotan desinfektan di seluruh kandang.

Termasuk setiap akan masuk kandang disiapkan juga desinfektan untuk sepatu atau alas kaki. Sedangkan untuk pengecekan kesehatan yang dilakukan seperti penimbangan berat badan dan pengecekan nafsu makan satwa.

“Apabila ada satwa yang sakit kita bawa ke rumah sakit satwa di Taman Safari. Jadi, baik masa PSBB atau tidak perawatan dan pengecekan kesehatan satwa sebenarnya rutin kita lakukan seperti biasa setiap hari dan itu kita langsung report ke Taman Safari,” jelasnya, Kamis (16/4/20).

Selain satwa, pihak managemen juga melakukan pengecekan suhu, dan wajib mencuci tangan dengan hand sanitizer bagi seluruh karyawan. Semua karyawan yang sedang melakukan kegiatan di area Royal Safari Garden, terutama di bagian satwa, wajib menggunakan masker sesuai anjuran pemerintah.

“Harapan pihak manajemen, agar permasalahan Covid-19 ini dapat segera terselesaikan. Sehingga kondisi perekonomian tempat-tempat wisata maupun hotel yang ada di kawasan puncak dapat normal kembali,” harapnya.

Tinggalkan Balasan