Update Rapid Test Covid-19 di Kabupaten Bogor, 1 Orang Positif dan Tambah 3000 Alat Medis

0 93

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Bupati Bogor, Ade Yasin meninjau langsung rapid test di Puskesmas Keradenan, Cibinong, Kabupaten Bogor.  Kali ini sasaran pemeriksaan rapid test Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di hari kedua, Kamis (26/3/20) masih dalam kategori A yakni orang dalam resiko (ODR), pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP) dan orang yang berada di lingkar positif.

Total 70 orang diperiksa dalam rapid test ini terdiri dari 20 tenaga medis dan 50 orang lingkar positif dengan sistem orang datang langsung diperiksa. Ia menyatakan hasil rapid test akan ditindaklanjuti dengan metode test swap menggunakan alat Viral Transport Medium (VTM) dan akan diuji di laboratarium Kementerian Kesehatan.

Hasil sementara, dari rapid test hari pertama pada Rabu (25/3/20) kemarin. Ada satu orang terkonfirmasi positif di RSUD Cibinong yang sebelumnya PDP naik menjadi positif. Namun, Ade menegaskan PDP ini bukanlah perempuan berusia 15 tahun asal Parung Panjang yang kemarin malam baru bertambah dalam pasien positif di Kabupaten Bogor.

“Hasil yang kemarin 1 positif tapi harus ditindaklanjuti dengan swab karena ini kan pemeriksaan awal untuk meyakinkan. Kita periksa lagi swab yang positif itu. Bukan yang perempuan 15 tahun asal Parung Panjang,” jelas Ade.

Hingga kini total sudah ada 320 PDP yang menjalani tes kemarin. Sementara untuk hari ini ditagetkan ada 165 tenaga kesehatan 442 ODP termasuk masyatakat termasuk lingkar Covid-19 yang akan menjalani rapid test hari kedua ini.

Selain itu, pihaknya mengaku akan menyediakan 4.600 alat rapid test ke depan. Mengingat penduduk Kabupaten Bogor yang hampir 6 juta orang sehingga akan lebih banyak sampel. Sekaligus untuk mengetahui sebaran virus dan cara mengendalikannya.

“1600 unit alat rapid tes dari pemerintah pusat, 1000 lagi kita beli dan 2.000 lagi dapat bantuan dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT),” jelasnya.

Tinggalkan Balasan