Usai Pulang dari Turki dan Azerbaijan Bima Positif Covid 19, Yane Ardian Negatif

0 70

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Setelah menerima hasil tes Covid-19 yang dilakukan dua hari sebelumnya, Wali Kota Bogor, Bima Arya dinyatakan positif Covid-19, walau hanya mengalami gejala ringan. Selanjutnya Wali Kota Bogor  mempercayakan sepenuhnya penanganan masa isolasi di RSUD Kota Bogor, selama 14 hari ke depan.

Kabag Prokompim Pemkot Bogor, Rudiyana menyampaikan, Bima Arya memiliki riwayat perjalanan keluar negeri yakni ke negara Turki dan Azerbaijan. Namun, pak wali dinyatakan ODP (Orang Dalam Pemantauan) bukan saat di sana, tapi saat kembali ke tanah air.

Untuk protokol kesehatan WFH (Work From Home)  wali kota melakukan koordinasi melalui Video Conference dengan dinas atau melalui di WA Group. Dan saat tiba di Bogor, wali kota belum pernah keluar rumah, selain cek ke Bogor Senior Hospital.

“Selain Wali Kota Bogor, hasil tes juga menyatakan salah satu pejabat pemkot lain juga positif COVID-19, sedangkan tiga anggota rombongan yang lain dinyatakan negatif,” terangnya saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Jumat (20/3/20).

Rudi menyatakan, pada dasarnya semua yang bertemu langsung dengan pak wali sesuai protokol kesehatan masuk daftar ODP hingga beberapa hari kedepan. Semua ODP juga harus self isolation di rumah dan hindari berkegiatan di luar rumah yang berinteraksi dengan banyak orang kecuali untuk keadaan kesehatan.

“Jadi, semua yang bertemu langsung dengan pak wali baik dikediaman maupun di luar kediaman akan diperiksa termasuk Pol PP yang jaga juga. Tapi instruksi dari Dinkes adalah yang melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi postif yang akan diperiksa terlebih dahulu. Dan identitas ODP dirahasiakan kecuali pak wali karena pejabat publik,” ungkapnya.

Untuk istri wali kota, Yane Ardian, kata Rudi, sebelumnya telah menjalani tes kesehatan dan hasilnya adalah negatif Covid-19. Namun, karena beliau terus kontak dengan wali kota, Yane juga akan dites kembali bersama keluarga.

“Berbagai protokol yang berlaku sudah dijalankan sejak kunjungan ke luar negeri dan menjalankan tugas. Saya mengimbau kepada seluruh warga Bogor dan publik secara luas untuk terus waspada, betul-betul menjaga kesehatan dan selalu berhati hati. Untuk masyarakat agar mematuhi instruksi dalam rangka melindungi keluarga kita dan untuk sementara tidak melakukan aktivitas di luar rumah yang tidak mendesak serta menjaga kondisi kesehatan masing-masing,” imbaunya.

Tinggalkan Balasan