Disdik Sebut Boleh Gunakan Dana BOS Beli Disinfektan

0 71

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com- Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor memperbolehkan pihak sekolah menggunakan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) untuk membeli cairan disinfektan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, Entis Sutisna, Kamis (19/3/20) kemarin.

Ia menjelaskan dana BOS dapat digunakam untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) sudah disetujui oleh pemerintah pusat hingga turun Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Sudah ada (SK) dari Pak menteri untuk menanggulangi corona bisa menggunakan dana BOS untuk membeli kelengkapan (disinfektan, red) ini,” kata Entis.

Menurutnya, jika menunggu Dinkes untuk membagikan cairan serupa, terdapat keterbatasan stok yang kemungkinan tidak akan cukup dan menjangkau secara menyeluruh se-Kabupaten Bogor. Ia juga menyarankan pihak sekolah untuk sementara menggunakan bayclin yang dicampur dengan air karena kandungan bahannya sama, karena menurutnya sudah keadaan emergency (darurat).

“Jumlah SD ada 1.800-an dan jumlah SMP juga ada 650 lebih hingga kalau menunggu bantuan cairan disinfektan dari Dinas Kesehatan itu tidak akan cukup, saya menyarankan pihak sekolah menggunakan dana BOS. Atau bisa menggunakan bayclin sesuai rekomendasi kesehtan,” bebernya.

Mantan Camat Ciampea ini menyarankan dalam waktu 14 hari, penyemprotan cairan disinfektan paling tidak 2x dalam 14 hari baik oleh petugas Palang Marah Indonesia (PMI) maupun guru atau penjaga sekolah. “Guru kami berikan jadwal piket hingga kalaupun pihak PMI atau penjaga sekolah tidak bisa maka mereka yang menyemprotkam zat disinspektan di lingkungan sekolah,” jelas Entis

Tinggalkan Balasan