Ade Yasin Instruksikan Antisipasi Pasien Positif atau ODP Corona Tanpa Dipungut Biaya

0 90

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com- Bupati Bogor Ade Yasin menegaskan bahwa antisipasi virus Corona (Covid-19) mulai dari penanganan pasien yang memiliki gejala yang sama dengan corona atau orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) tanpa dipungut biaya atau gratis.

“Tanpa dipungut biaya, mengingat ini merupakan wabah penyakit dalam kondisi tertentu yang sudah ditangani oleh Kemenkes,” kata Ade usai rapat membahas penanganan virus corona di pendopo Bupati, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (15/3/20) kemarin.

Penangan dan pencegahan virus Corona, lanjutnya, merupakan tanggung jawab pemerintah pusat mengingat virus ini merupakan pandemi global dan darurat nasional. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sudah siap siaga menangani dengan menetapkan 4 RSUD (Ciawi, Cibinong, Cileungsi dan Leuwiliang) sebagai rujukan penanganan khusus bila terdapat warganya yang memiliki gejala dan diagnosis sama dengan virus Corona.

“Bogor sudah siap siaga menghadapi Covid-19, artinya bila penyebaran Corona mulai mendekati wilayah Bogor. Kami sudah siapkan ruang isolasi,” kata Ade.

Selanjutnya telah dipersiapkan fasilitas khusus guna menangani pasien yang tersuspect. Terdapat 4 dokter khusus dan 6 perawat yang dipersiapkan di setiap RSUD yang ada. Termasuk menyiapkan ambulans khusus yang siaga untuk menjemput pasien yang terinfeksi dan memiliki gejala yang sama dengan virus Corona.

“RSUD itu untuk penanganan pertama karena ada masa inkubasi virus selama 14 hari. Kalau memang gejalanya mirip, kita kirim ke rumah sakit yang dirujuk oleh pemerintah yaitu RS Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianto Saroso, Jakarta Utara,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan