Gempa Sukabumi Porak-porandakan Ratusan Rumah di Pamijahan

0 89

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor .com – Akibat gempa 5.0 SR di Kabupaten Sukabumi, Selasa (10/3/20) sore kemarin mengakibatkan ratusan rumah di Pamijahan, Kabupaten Bogor rusak. Tersebar di tujuh desa meliputi, Desa Ciasmara, Cibunian, Pasarean, Ciasihan, Gunung Bunder I, Cibitung Kulon dan Desa Purwabakti.

Berdasarkan data yang diterima heibogor.com pada Rabu (11/2/20), Sekretaris Camat Pamijahan, Yudi Hartono menyebut total ada 611 rumah rusak akibat gempa sore kemarin. “Rusak ringan ada 487 rumah, rusak sedang ada 80 rumah dan rusak berat 44 rumah,” kata Yudi.

Dari ke tujuh desa yang terdampam gempa, Desa Purwabakti merupakan yang terparah kerusakannya akibat gempa dengan data rumah rusak ringan 378 unit, rusak sedang 13 unit dan rusak berat 30 unit. Ia menambahkan, ada 5 orang mengalami luka ringan akibat tertimpa puing bangunan. 2 orang di Desa Purwabakti, 2 orang di Desa Cibitung Kulon dan 1 orang di Desa Ciasihan 1. Kemudian dirinya memastikan hingga kini belum ada data korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Terpisah, salah seorang warga yang rumahnya terdampak gempa, Tibi (45) mengatakan bahwa getaran gempa terjadi lebih dari satu kali hingga merobohkan dua ruang kamar rumahnya. “Berkali-kali getarannya, pertama kecil kemudian ada lagi getarannya besar. Saya langsung lari keluar, kemudian kamar ini langsung ambruk,” ungkapnya.

Tak hanya Tibi, warga Kampung Muara 1, Ading (34) mengatakan bahwa gempa dirasakan olehnya lebih dari 3 kali hingga merusak dua kamar rumahnya.  “Gempa berkali-kali lebih dari 3 kali, habis itu baru gempa besar. Langsung retak rumah ini dan dua kamar roboh temboknya,” ujarnya di lokasi.

Sementara itu, warga yang rumahnya terdampak gempa kini masih mengungsi di tetangga hingga membuat tenda di area sawah RT 01 Kampung Cisalada guna menghindari adanya gempa susulan.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, (BMKG) merilis data bahwa gempa terjadi pukul 17:18 WIB berkekuatan 5.0 SR. Berdasar data BMKG, pusat gempa berada didarat 13 Km di Timur Laut Kabupaten Sukabumi, dengan kedalaman pusat gempa (hiposentrum) 10 Km.

Tinggalkan Balasan