Minuman Herbal Bisa Bantu Tangkal Virus Corona

Jahe, Kunyit, Sereh dan Temulawak Banyak Khasiatnya

0 92

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Kabar virus corona di Indonesia tentu jadi perhatian khusus berbagai pihak. Di tengah kesiapsiagaan dan kewaspadaan masyarakat Indonesia terhadap ancaman virus corona, seorang guru besar Biokimia dan Biologi Molekuler Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur, Prof. Dr. Chairul Anwar Nidom menemukan penangkal virus corona atau COVID-19 dari curcuma atau sari rempah-rempah yang ada pada jahe, kunyit, sereh dan temulawak yang banyak ditemukan di Indonesia.

Salah satu produk minuman herbal dari rempah-rempah yang diklaim dapat menangkal virus corona adalah herbal drink yang diproduksi oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Berdikari Rumpun Padi Wonosobo. Minuman rempah ini, ramai dinikmati warga saat dipamerkan di acara Grand Launching Museum Tanah dan Pertanian serta peresmian Open Virtual Literacy di Jalan Djuanda, Kota Bogor, Selasa (3/3/20) kemarin yang dihadiri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Dikatakan oleh Endang Wahyuninggsih, salah seorang perwakilan dari KWT Berdikari Rumpun Padi Wonosobo, jamu ini, diklaim bisa mencegah virus corona. Hal itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan guru besar Biokimia dan Biologi Molekuler Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur, Prof. Dr. Chairul Anwar Nidom yang juga merupakan salah satu peneliti di bidang flu burung yang dimiliki Indonesia. Rempah-rempah itu, diyakini dapat menangkal virus corona karena mengandung curcumin yang sangat tinggi. Di Indonesia, tanaman yang mengandung curcuma seperti jahe, kunyit, sereh, temulawak sangat mudah ditemui. Ibu-ibu biasanya juga menanam tanaman-tanaman tersebut di kebun atau di halaman rumah.

“Kita tahu bahwa rempah-rempah Indonesia itu, memang bagus sekali untuk kesehatan. Karena itu, kenapa zaman dulu bangsa lain menjajah negara kita ya, karena rempah-rempahnya. Sebenarnya bukan baru kali ini kita memproduksi jamu. Namun sudah berjalan sejak 2015 dan sekarang sedang kita galakkan lagi untuk obat kesehatan dan daya tahan tubuh,” terangnya.

Endang meneruskan, minuman rempah yang diproduksi ada 6 variant dalam bentuk saset dan sudah siap minum. Dalam satu dus berisi 10 bungkus untuk 10 kali minum. Untuk menangkal virus corona bisa mengkonsumsi jahe merah, sereh, cengkeh, kapulaga yang dijadikani satu.

“Jahe merah ini, bagus untuk masuk angin, batuk, flu, dan ini dapat di konsumsi oleh semua usia baik anak-anak hingga dewasa. Kalau yang sudah terindikasi sakit minimal minumnya sehari dua kali pagi dan sore,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan