PMI Bagikan Kacamata Gratis bagi Ratusan Siswa SD

0 119

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Palang Merah Indonesia (PMI) melalui RS PMI Bogor membagikan kacamata gratis kepada 175 siswa sekolah dasar di Kota Bogor. Bakti sosial pembagian kacamata tersebut dilangsungkan di Kalla Ballrooms RS PMI Bogor, Jalan Pajajaran Kota Bogor, Jumat (17/1/20).

Dirut RS PMI, dr Yuliantini menyampaikan, Palang Merah Indonesia (PMI) melalui RS PMI Bogor, telah melakukan bakti sosial kesehatan mata berupa operasi katarak gratis kepada 50 orang dan pemberian kacamata gratis untuk siswa siswi sekolah dasar (SD). Ada tiga sekolah dasar yang menerima kacamata gratis ini yakni SD Bangka 3, SD Papandayan, dan SD Baranangsiang. Jumlahnya 175 anak.

Pelaksanaan bakti sosial ini, telah dilakukan sejak Oktober lalu yang diawali dengan pemeriksaan mata kepada 114 orang penderita katarak dan 250 lebih siswa siswi SD.

“Nah, hari ini adalah pembagiannya. Dari 250 siswa SD yang diperiksa matanya terjaring 175 anak yang mendapat kacamata. Sedangkan dari 114 penderita katarak yang diperiksa hanya 50 orang yang dioperasi,” terangnya.

dr Yuliantini mengatakan, dipilihnya siswa sekolah dasar untuk pembagian kacamata gratis ini, karena dari pendidikan dasar mereka sudah bisa mendapat pelajaran secara optimal. Kalau dari dasar mereka sudah tidak optimal karena faktor gangguan penglihatan, nantinya mereka tidak dapat berprestasi dan itu akan mengganggu masa pembelajaran mereka.

Apalagi di era digital saat ini, banyak orangtua yang memberikan anak-anaknya gadget. Anak-anak itu kan kalau melihat gadget selalu terlalu dekat jaraknya. Padahal itu ngga boleh dan lama kelamaan akan mempengaruhi fokus penglihatan anak. Seharusnya jaraknya lebih dari 30 cm.

“Kegiatan ini, merupakan bentuk partisipasi PMI dalam mensukseskan program pemerintah dalam menanggulangi masalah gangguan penglihatan dan kebutaan demi terwujudnya visi 2020 yakni hak setiap orang untuk dapat melihat secara optimal,” ungkapnya.

Sementara, perwakilan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, drg Yuniarto Budi Santosa menyampaikan, dari dinkes sendiri memiliki program yang bernama indra yang petugasnya tersebar di seluruh puskesmas untuk melakukan screening. Di samping itu, dinkes juga punya program pembagian kacamata gratis untuk anak SD dan SMP se Kota Bogor yang tiap tahun ditargetkan 600 anak di enam kecamatan.

“Jadi, masing-masing mendapat 100 kacamatan per kecamatan. Kalau dilihat itu jumlahnya masih sangat kurang karena penderitanya selalu bertambah setiap tahun. Namun paling tidak kami memberikan stimulan untuk anak-anak yang membutuhkan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan