KPUD Rilis Potret Pemilu Serentak 2019 Sumber Bacaan Praktik Demokrasi Liberal

0 141

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat Dr. Idham Holik mengapresiasi KPUD Kabupaten Bogor atas soft launching buku hasil riset berjudul ‘Potret Pemilu Serentak 2019 Kabupaten Bogor’, buku tersebut berdasarkan hasil analisis partisipasi pemilih dan hasil pemilu menuju demokrasi substantif.

“Kami KPU Jawa Barat acung jempol yang setinggi tingginya kepada KPU Kabupaten Bogor, yang telah melaunching buku Potret Pemilu Serentak 2019 di Kabupaten Bogor,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (19/12/19).

Hal ini menurutnya menunjukan bahwa KPU Kabupaten Bogor memiliki akuntabilitas publik yang tinggi. Dengan buku tersebut, KPU Kabupaten Bogor ingin menyampaikan pesan pada masyarakat Kabupaten Bogor bahwa ini adalah hasil kerja kami (KPUD Kabupaten Bogor).

Tidak itu saja, Idham berharap buku tersebut dapat menjadi sumber bacaan publik untuk lebih mengenal bagaimana praktik demokrasi elektoral di Kabupaten Bogor yang dari sisi target partisipasi melampaui target nasional.

“Kabupaten Bogor itu lebih dari 82% target, sementara nasional itu target 77,5%. Disaat Kabupaten Bogor merupakan KPU yang menangani data pemilih tertinggi se-Jawa Barat,” jelasnya. Meski demikian, dalam soft launching di Aula KPUD Kabupaten Bogor ia memberikan catatan agar buku tersebut semakin di lengkapi dengan data data yang lebih mengandung unsur lokal, dia pun turut menyinggung mengenai politik identitas.

“Dalam buku tersebut menjelaskan politik identitas, saya membaca secara ringkas itu masih deskripsinya nasional. Bagaimana dengan politik identitas di Kabupaten Bogor? Apakah benar ada? Lalu kalau ada seperti apa. Atau jangan-jangan tidak ada. Itu adalah pertanyaan yang harus di jawab, begitu juga dengan hoax. Kalau tidak ada berarti menandakan literasi informasi pemilih di Kabupaten Bogor itu tinggi,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan