Kebun Sekolah Jadi Alternatif Kembangkan Literasi dan Cegah Stunting

0 51

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Kebun sekolah bisa menjadi alternatif untuk mengembangan literasi seperti hitung-hitungan, keuangan dan digital untuk mengakses data dan media.

Untuk membatu pemerintah memberantas stunting di Indonesia, SEAMEO BIOTROP meluncurkan program Kebun Sekolah untuk mengembangan literasi, perbaikan nutrisi dan kewirausahaan.

Hal itu disampaikan Direktur BIOTROP, Dr.Indika Mansur dalam kegiatan Promosi Program dan Kegiatan SEAMEO BIOTROP 2019-2020 di Seameo Biotrop, Rabu (4/12/19).

Di bawah program ini, sekolah diarahkan untuk mengembangkan taman sekolah yang dikelola siswa dan guru melalui pemanfaatan lahan atau fasilitas sekolah.

“Ini sudah dilaksanakan di Filipina sejak tahun 70an. Jadi kalau anak Filipina daftar Sekolah Dasar itu langsung ditimbang, di ukur tinggi badannya. Kalau kurang dari standar, dikasih makan penuh bergizi tiap hari hingga berat dan tingginya sesuai dengan standar,” jelas Mansur.

Mansur menjelaskan, munculnya ide untuk mengembangkan program Kebun Sekolah atas bentuk kekhwatiran dan kecemasan meningkatnya anak-anak yang kekurangan gizi di tengah sumber daya alam yang sangat luar biasa.

“Kami mempunyai sumber daya yang luar biasa, kalau generasi nanti tidak oke, tidak pintar dan kurang gizi, maka bisa jadi jajahan ekonomi negara lain,” jelas Mansur. (*)

Tinggalkan Balasan