Puluhan Difabel Ikut Pengajian Rutin dan Maulid Nabi Muhammad SAW, Ada 40 Orang yang Hafiz

0 49

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Puluhan disabilitas netra dari Yayasan Ashaba Disabilitas Netra (YADN) Kota Bogor menggelar pengajian rutin sekaligus maulid Nabi Muhammad SAW di gedung PPIB Kota Bogor, Rabu (4/12/19). Ketua YADN, Erni Juhana mengatakan, pengajian ini, adalah kegiatan rutin yang diadakan YADN Kota Bogor. Selain penyandang netra, maulid nabi ini juga diikuti dari disabilitas lainnya.

“Setiap tahun kita rutin menggelar maulid. Selain tahunan juga ada pengajian rutin mingguan setiap Selasa dan Rabu. Yakni pengajian khusus hafiz quran. Pengajian itu, terbuka untuk ibu-ibu maupun bapa-bapa. Mereka tidak hanya dari Bogor tapi ada juga yang datang dari luar Bogor,” ucapnya.

Ia melanjutkan, untuk pengajian hafiz quran, sudah ada 40 orang yang hafiz. Pembelajarannya mereka menggunakan Alquran dengan hurup Arab braile. “Lokasi pengajiannya di Tajur. Dan ini, sudah berjalan 6 tahun dari 2013,” terangnya.

Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas (PPD) Kota Bogor, Hasan Basri mengatakan, yang mengikuti pengajian ini dari netra, daksa, tuna rungu wicara, autis, dan grahita. Ia berharap, dengan adanya yayasan ini para penghafiz quran dari disabilitas makin maju.

“Saya berharap ada dukungan dan bantuan dari pemerintah terutama dari sisi penunjang sarana dan prasarana seperti quran braile dan quran digital. Karena selama ini, masih mengandalkan swadaya dan bantuan dari donatur,” ungkapnya.

Sementara, dari MUI Kota Bogor, bidang program pendidikan Solihin ZA menambahkan, jumlah disabilitas di Kota Bogor yang terdata saat ini berjumlah 230 orang. Di luar itu, masih banyak. Dikatakannya, yang menjadi kendala adalah dari sisi penunjang pembelajaran. Karena mereka ada yang membutuhkan alat khusus. “Kendalanya dari sisi sarana dan prasarana. Harapan kami ke pemerintah dapat menyediakan sarana khusus bagi mereka agar mempermudah mereka belajar,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan