Warga Kencana Bangun Kolam Tadah Hujan Jadi Terobosan Inovasi

Dukung Bogorku Bersih

0 93

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Warga Perumahan Dharmais RT 03 RW 13 Kelurahan Kencana Kecamatan Tanah Sareal Kota Bogor membuat inovasi yang luar biasa.

Warga membangun kolam tadah hujan untuk menangkal banjir pada saat turun hujan. Kolam berukuran berukuran 25 meter x 10 meter dengan kedalaman 1,5 meter itu di bangun di sekitar Kebun KWT (Kelompok Wanita Tani) Kentagor (Kencana Tanah Sareal Kota Bogor.

Penggagas kolam tadah hujan, Mikhael Massa
ini mengatakan, kolam yang dibangunnya itu mampu menampung 300 meter kubik air hujan.

Namun, lanjut Mikhael, jika curah hujannya tinggi dengan kapasitas air lebih dari 300 meter kubik dan turun hujannya lebih dari 4 jam maka pintu airnya terpaksa dibuka agar airnya tidak meluap, kemudian airnya dibuang ke saluran air yang tersambung dengan kolam.

“Kolam tadah air hujan ini sangat efektif untuk menampung air yang mengalir dari atas di kawasan perumahan Dharmais, ” kata Mikhael Rabu (6/11/2019)

Menurutnya, air yang masuk ke kolam itu cepat meresap karena tidak sekedar kolam, tapi ada resapan didasar kolam, berupa ijuk, pasir dan batu-batuan. “Yang pasti kolam tadah hujan ini melebihi lubang biopori,” terangnya.

Mikhael mengakui bahwa komitmen warga Perum Dharmais untuk menjaga kelestarian dan kenyaman pemukiman sangat luar biasa.

“Insya Allah apa yang dilakukannya bersama warga selain wujud kepedulian terhadap lingkungan juga dalam mendukung BogorKu Bersih,” pungkasnya. (**)

Tinggalkan Balasan