Puskesmas Bogsel Pilih Duta Muda Sehat Saatnya Milenial Jadi Agen Perubahan Gaya Hidup Sehat

0 53

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Sebanyak 21 finalis duta muda sehat 2019 tingkat puskesmas se wilayah Kecamatan Bogor Selatan menjalani tahap seleksi akhir untuk dipilih sebagai juara yang akan mewakili Kecamatan Bogor Selatan di pemilihan duta muda sehat tingkat Kota Bogor. Acara pemilihan dilangsungkan di Hotel Pajajaran Suite, Bogor Nirwana Residence, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Selasa (22/10/19).

Kepala Puskesmas Bogor Selatan, drg. Ellyanti MKN, menjelaskan, pemilihan tingkat puskesmas se- wilayah Kecamatan Bogor Selatan ini, dilaksanakan oleh lima puskesmas yakni puskesmas Bogor Selatan, Mulyaharja, Cipaku, Bondongan, dan Lawang Gintung. Lima puskesmas ini, punya binaan wilayah kerja di 16 kelurahan se-Kecamatan Bogor selatan.

“Jadi, sebelum pemilihan duta muda sehat tingkat kota kita lakukan dulu pemilihan di tingkat wilayah yang nanti pemenangnya akan mewakili wilayah kecamatannya di tingkat kota pada bulan November nanti,” jelasnya.

Ia menerangkan, audisi di tingkat wilayah ini sudah berlangsung dari bulan lalu. Dan hari ini adalah tahap seleksi akhir. Dari puluhan peserta yang mendaftar dan diseleksi di tiap-tiap puskesmas, terjaring 21 peserta di mana masing-masing puskesmas di tiap kelurahan mengirimkan kandidatnya 4 orang.

Untuk tahapan seleksi, Kepala Puskesmas Cipaku, dr. Heryman, M.Kes menjelaskan, usia peserta yang mengikuti pemilihan ini dari 17-24 tahun. Tahapan seleksi yang dilakukan berupa tes tulis sebanyak 20 soal tentang kesehatan secara umum, lalu wawancara terkait wawasan mereka tentang kesehatan, kemudian mereka melakukan presentasi dan terakhir melihat CV track record dari masing-masing peserta. Itu nanti ditotal nilainya.

“Dari 21 peserta akan pilih yang nilainya tertinggi. Dari situ kami tentukan tiga pasang juara 1, 2, dan 3. Namun yang mewakili ke tingkat kota hanya diajukan dua pasang juara yakni juara 1 dan 2 saja. Pemilihan tingkat kota akan dilangsungkan di bulan November sekaligus memperingati hari kesehatan nasional ke-55,” terangnya.

drg. Ellyanti meneruskan, pemilihan ini, diinisiasinya oleh Dinas Kesehatan Kota Bogor. Di tingkat wilayah dilaksanakannya oleh puskesmas. Tujuannya memilih duta muda sehat tingkat wilayah sebagai penggerak kesehatan di wilayahnya masing-masing.

Duta sehat ini, adalah generasi change maker atau pembawa perubahan yang nantinya membantu menyelesaikan masalah-masalah yang ada khususnya dalam bidang kesehatan. Sehingga peran pemerintah dan masyarakat mendorong inisiatif pemuda seperti yang tercantum dalam deklarasi pemuda siaga peduli kesehatan bahwa pemuda dapat berperan sebagai motivator, penggerak, pelopor pembangunan kesehatan dan pelaksana kegiatan kesehatan.

“Kenapa pemuda? karena melalui generasi muda kita bisa ikut berperan mengedukasi masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat. Kecamatan Bogor Selatan ingin memastikan potensi yang diwakil oleh pemuda pemudi untuk berperan serta aktif dalam pembangunan di bidang kesehatan. Melalui sarana promosi, prilaku, dan gaya hidup sehat dari oleh dan untuk masyarakat sehingga masyarakat tahu, mau, dan mampu menjadi insan yang cinta sehat dan siap membangun negerinya,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan