Anak Bunda Susah Makan? Ini Triknya

0 247

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Pasti Anda merasa jengkel saat buah hati Anda susah makan karena berbagai alasan. Anda juga mungkin merasa khawatir jika hal ini terjadi secara terus menerus. Jangan sampai nafsu makan anak yang rendah ini menyebabkan tumbuh kembangnya terganggu. Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk membuat nafsu makan anak bertambah?

Banyak anak yang mengalami susah makan di usia tersebut. Jika anak susah makan, sebagian besar orangtua pasti cemas. Namun, jangan keburu panik dulu, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan anak.

Menurut Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi dr. Adilla Hikma, SpKFR dari Rumah Sakit Azra saat mengisi seminar Kenapa Anak Susah pada Rabu (10/07/19) lalu ada beberapa trik yang harus dilakukan orang tua untuk mengajak sang buah hati agar tak susah makan.

“Pertama, sang ibu bisa jadi tak sabaran karena anak dipaksa makan. Padahal dengkan dipaksa justru anak akan semakin menghindar dan malas untuk makan. Jadi, lakukan cara lain untuk membuatnya mau makan. Misalnya, dengan membujuk si kecil,’ ujarnya kepada heibogor.com.

Kedua, bisa dengan membuatkan menu makanan yang bervariasi untuk selalu menyediakan sajian makanan dengan tampilan yang menarik. Kemudian, terapkan jadwal makan yang rutin pada anak sejak ia kecil. Hal ini akan menolong Anda ketika anak susah makan. Dengan begitu, ia sudah terbiasa untuk makan pada waktu yang sama dan rutin. “Membuat jadwal makan yang rutin juga akan berdampak baik untuk pola makannya ketika ia beranjak dewasa,” kata dia.

Lalu bagaimana jika takut si kecil makan terlalu sedikit? orang tua bisa mengakalinya dengan memberikan si kecil berbagai camilan sehatnan lezat. Tentunya, agar perlu diketahui camilan itu sehat atau tidak, lebih baik membuatnya sendiri di rumah.

Para orang tua, sambungnya, jika memang si kecil susah makan, jangan memberikannya makanan dengan porsi yang besar. Alih-alih memberi porsi makan yang besar, sebaiknya makan sedikit-sedikit saja tapi sering.
Yang perlu diingat, jangan biarkan anak minum terlalu banyak ketika makan. Hal ini hanya akan membuatnya cepat kembung dan akhirnya menolak untuk menghabiskan makanannya.

Jadi, beri tahu ia agar jangan minum terlalu banyak saat makan. Salah satu hal yang harus Anda pastikan adalah makanan yang ia konsumsi penuh dengan nutrisi. Ya, vitamin dan mineral dalam makanan juga bisa membuat nafsu makan anak meningkat. Misalnya saja mineral zink, yang sudah terbukti dalam berbagai penelitian dapat membantu atasi masalah anak susah makan. Beberapa contoh makanan yang mengandung zink adalah daging sapi, daging ayam, ikan, dan berbagai sayur berdaun hijau tua. (rhm)

Tinggalkan Balasan