Disdik Gandeng Jepang Adakan Seminar Pendidikan Peduli Lingkungan

0 1.073

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Heibogor.com – Bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik),dan Pemerintah Toyama, Jepang mengadakan seminar pendidikan lingkungan hidup di Paseban Sri Bima, Balai Kota, Jalan Juanda, Bogor Tengah, Kota Bogor, Sabtu (29/9/18).

Seminar yang menghadirkan Shinji Nobira dari IC University of Japan itu melibatkan peserta dari puluhan Sekolah Dasar (SD) Kota Bogor model lingkungan hidup terpilih. Kegiatan dibuka Wali Kota Bogor Bima Arya.

Menurut Kepala Disdik Kota Bogor Fahrudin, seminar tersebut merupakan rangkaian kegiatan kerja sama antara Kota Bogor dengan Pemerintah Toyama yang dipromotori Indonesian Education Promoting Foundation (IEPF).

“Nantinya akan dilaksanakan pendidikan lingkungan hidup untuk tahap awal ini sebanyak 47 SD, yaitu di Bogor Utara dan Bogor Timur,” jelas Fahrudin.

Dikatakannya, saat ini prosesnya sudah pada penyusunan materi pendidikan lingkungan hidup untuk mempersiapkan tempat hidup anak cucu di masa mendatang yang lebih baik.

“Materi yang diberikan dalam seminar ini antara lain adalah bagaimana meningkatkan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan, bagaimana membangun karakter mereka melalui kepedulian dan pendidikan lingkungan hidup, bagaimana mereka menyadari lingkungan itu sangat penting untuk kehidupan mereka di masa kini dan masa yang akan datang,” paparnya.

Sementara Wali Kota Bogor Bima Arya menuturkan, bahwa hanya lingkungan inilah tempat hidup mereka. Mereka harus mempersiapkan itu. Kesehatan mereka akan sangat tergantung dari lingkungannya. Lingkungan yang sehat, pola hidup yang sehat, pola makan yang sehat akan bisa menumbuhkan atau mewujudkan generasi yang sehat.

“Kegiatan ini juga sangat selaras dengan RPJMD Kota Bogor sebagai Kota Hijau, Kota Cerdas dan Kota Pusaka,” ujarnya.

(Putri Aysha)

Comments
Loading...