Faktabahasa Bogor Ajak Exchange Participants Pelajari Bahasa Indonesia

0 319

Heibogor.com – Mengetahui kebudayaan dan beberapa kosakata dalam bahasa asing merupakan suatu hal penting ketika kita berkunjung ke negara tersebut. Apalagi jika waktu tinggal kita cukup lama, belum lagi mengingat warga lokal yang belum tentu memahami bahasa kita.

Kali ini, 19 pelajar asing dari berbagai negara seperti India, Austria, Spanyol dan Kanada yang mengikuti kegiatan belajar Bahasa Indonesia bersama Faktabahasa Bogor di Taman Ekspresi, lapangan Sempur pada hari Jumat (13/07/18) lalu.
Kegiatan pembelajaran bahasa ini merupakan hasil kolaborasi Faktabahasa Bogor dengan AIESEC IPB dalam program Indonesian Culture Day. Program ini ditujukan untuk memberikan bekal kepada Exchange Participants (sebutan peserta program AIESEC) untuk komunikasi sehari-hari mereka di Indonesia.
Sebagai komunitas yang bergerak di bidang bahasa dan budaya, Faktabahasa Bogor menjadi komunitas yang sesuai untuk mengajak Exchange Participants mempelajari bahasa Indonesia.
Kegiatan dibuka dengan sesi Ice Breaking sekitar pukul 09.00 WIB yang sukses mencairkan suasana dengan dua permainan. Setelah itu, Widi selaku divisi Eksternal Faktabahasa Bogor memberikan sambutan singkat dan membagi Exchange Participants dalam beberapa kelompok untuk sesi belajar.
Berbagai materi seperti abjad, perkenalan diri, hingga arah jalan, disajikan dan dibungkus sedemikian rupa agar dapat dipakai dalam keseharian para Exchange Participants. Antusiasme mereka nampak terlihat dengan berbagai pertanyaan seputar bahasa yang muncul, tidak jarang muncul pembicaraan tentang budaya dari negara masing-masing Exchange Participants.
“Mulai sekarang saat mau bayar transportasi online saya bisa tanya ongkosnya berapa.” ujar salah satu peserta asal India dalam bahasa Inggris ketika diajarkan tentang arah dan mata uang.
Tidak berhenti di situ, peserta juga diberikan tantangan untuk dapat langsung mempraktikan penggunaan bahasa tersebut di kehidupan nyata. Salah satu tantangannya yaitu melakukan perkenalan dengan orang lokal di sekitar taman ekspresi. Selain itu, mereka juga diajak untuk lebih mengenal mata uang Indonesia dengan mengumpulkan uang melalui permainan Treasure Hunt. Kegiatan ditutup dengan melakukan sebuah tarian dengan alunan lagu yang kian populer berjudul Gemu Fa Mi Re dan foto bersama.
Selain membantu para Exchange Participants dengan bahasa Indonesia untuk kesehariannya, kolaborasi antara Faktabahasa bersama AIESEC ini juga dapat membawa mereka lebih dekat dengan masyarakat, sekaligus mempromosikan bahasa dan budaya Indonesia.
Kegiatan pembelajaran bahasa juga direncanakan akan dilakukan sebaliknya oleh Exchange Participants kepada Faktabahasa Bogor di bulan Agustus 2018 mendatang. Dengan penutur bahasa asli beberapa bahasa yang berbeda, anggota Faktabahasa Bogor dapat meningkatkan pengalaman belajar bahasa dan budayanya.

(Destania/Fakhri)

Comments
Loading...